Murah ! BeginiTips beli mobil eks-taksi

kabarsoloraya.com- Bagi anda yang sedang mencari kendaraan tapi memiliki budget yang terbatas , beli mobil eks taksi menjadi alternatif. Selain murah dan juga sparepart  mudah didapat adalah  pertimbangan dalam memilih mobil bekas taksi.

Akan tetapi, saat akan beli mobil eks taksi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan penyesalan. Pengecekan fisik , fitur serta performa mesin dan juga kenyamanan suspensi jadi pertimbangan utama.

Sudah bukan rahasia lagi, kendaraan eks taksi adalah mobil cape. Yang mana mobil tersebut sudah digunakan untuk angkutan penumpang dengan jarak tempuh dan masa pemakaian yang lama.

Perusahaan taksi yang bagus biasanya melakukan perawatan mobil secara berkala, sehingga operasional kendaraan terjaga kondisinya.

Modifikasi Toyota Limo eks taksi
modifikasi eks taksi

Berikut yang harus diperhatikan sebelum beli mobil eks taksi, agar mendapat kendaraan dalam kondisi baik

1. Budget

Yang harus diperhatikan apabila ingin membeli mobil eks taksi adalah budget yang kita punya. Sebaiknya budget kita turunkan dari jumlah atau kondisi finansial saat akan membeli mobil. Hal ini untuk menjaga apabila terjadi kerusakan atau penggantian spare part . Namanya juga mobil eks taksi kan!

2. Pilih perusahaan taksi yang terpercaya

Perusahaan yang punya reputasi baik akan lebih terpercaya dalam perawatan armadanya. Mobil yang punya kilometer tinggi pasti akan banyak masalah, maka dari itu pemilihan armada yang terpercaya kemungkinan mobil lebih layak pakai.

3. Pastikan bukan bekas kecelakaan

Kondisi mobil baret  pemakaian itu masih sangat wajar. Akan tetapi jika kerusakannya berat itu jangan sekali-kali jadi pilihan. Mobil bekas kecelakaan atau tabrakan biasanya punya tanda-tanda sasis atau rangka bengkok, permukaan kap mesin tidak rata dan susah buka tutup, pintu sulit dioperasikan, dan beberapa hal lain. Pastikan mobil ekstaksi yang akan dibeli tidak pernah mengalami kecelakaan. Apabila diperlukan, ajak teknisi ahli untuk melakukan pengecekan.

4. Cek bukan bekas banjir

Mobil bekas banjir sudah pasti memiliki banyak masalah, baik di interior ataupun eksterior, hingga komponen mesin. Untuk itu perlu diketahui ciri-cirinya. Mobil bekas banjir biasanya aromanya bau tak sedap atau apek pada bagian dalam ruangan, bisa juga diperiksa beberapa celah pada mobil, biasanya terdapat endapan kotoran.

5. Jangan tergiur harga murah

Setiap mobil mempunyai harga pasaran yang berbeda-beda, apalagi jika pembicaraan mengenai mobil eks taksi. Namun, jika menemukan harga yang terlalu murah, sebaiknya perlu perhatian khusus atau sebaiknya dihindari. Periksa dulu kondisi mobil  secara seksama sebelum membawanya ke  rumah. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena harus melakukan perbaikan atau pergantian sparepert yang malah akan menguras kantong lebih banyak.

6. Lakukan test drive

Sama seperti membeli mobil baru, mobil eks taksi juga perlu dilakukan  test drive. Saat pengujian pastikan semua fitur beroperasi secara normal, tidak ada bunyi yang mengganggu kenyamanan dan mesin terdengar halus.

7. Periksa surat-surat

Sebelum transaksi dilakukan, pertama lakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan mulai dari STNK sampai BPKB. Cocokan nomor yang tertera di rangka dan di mesin agar sesuai dengan di STNK dan BPKB. Selain itu, harus dipastikan beberapa hal yang akan diurus langsung oleh perusahaan taksi seperti proses balik nama pada STNK karena pelat nomor nantinya berubah jadi hitam. Telitilah sebelum membeli sebelum menyesal dikemudian hari.

About Editorial Staff

Check Also

Penyebab Mobil Tersendat sendat Pada rpm Rendah, Cek Apa Saja !

Penyebab Mobil Tersendat sendat Pada rpm Rendah, Cek Apa Saja !

Penyebab Mobil Tersendat sendat Pada rpm Rendah. Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil tersendat sendat …