5 Cara Membuat Kata Sandi Wifi yang Sulit Diretas

Neon free wifi sign collection Free Vector
password wifi

 

kabarsoloraya.com– WiFi menjadi lambat ketika terlalu banyak perangkat yang terhubung. Ini bisa terjadi ketika kata sandi WiFi anda bocor. Sehingga perlu membuat password WiFi yang kuat agar tidak mudah diretas. Bagaimana cara membuat kata sandi WiFi yang kuat?

 

Biasanya, karena takut lupa, anda akan menggunakan password yang mudah diingat. Seperti untaian angka, huruf, tanggal lahir, nama hewan peliharaan atau bahkan nama keluarga anda. Meskipun kata sandi seperti ini mudah diuraikan. Terkadang, meskipun Anda tahu risikonya, anda tetap melakukannya.

Lantas, bagaimana cara membuat password agar sulit dibobol?

1. Buat kata sandi yang panjang

 

Dikutip dari CiberNews Buat password WiFi menggunakan karakter panjang. Semakin lama, semakin kecil kemungkinan kata sandi akan diretas. Peretas dapat menggunakan perangkat tertentu untuk meretas kata sandi router WiFi. Dan semakin lama itu berlangsung, semakin sulit untuk melacaknya.

2. Gunakan karakter campuran

 

Jika anda cenderung hanya menggunakan huruf atau angka karena takut dilupakan, sebaiknya ubah arah tersebut. Selain menggunakan huruf yang panjang, juga menggunakan huruf yang beragam. Buat password dari kombinasi huruf, angka, dan simbol agar lebih aman.

3. Hindari penggunaan kata ganti umum

Anda mungkin telah membuat kata sandi dengan karakter yang panjang dan beragam. Tapi itu tidak cukup aman jika anda masih menggunakan pengganti atau kata ganti yang umum. Misalnya, saat mengganti huruf dengan angka, “sandi” menjadi “$4ND1”. Hindari penggunaan kata ganti umum. Hasilkan kata sandi panjang acak dengan karakter berbeda.

4. Jangan gunakan huruf atau angka di jalur keyboard

5g global network high speed innovation connection data tech. glowing 5g on dark blue color background. speed code concept. Premium Photo
sandi wifi

 

Kata sandi Wifi dengan karakter numerik atau huruf di jalur keyboard adalah kata sandi yang paling mudah untuk digunakan. Hindari menggunakan kata sandi ini. Kata sandi yang mengandung karakter ini adalah kata sandi yang biasanya pertama kali ditebak oleh peretas. Berikut beberapa password yang mudah dibobol, dikutip dari laman avast.com: khususnya 123456, 123456789, qwerty, 111111, password, 12345678, abc123, 1234567, password1, 123123.

5. Ubah kata sandi WiFi anda secara berkala

Mengutip ActionTech, dalam banyak kasus, vendor peralatan atau ISP akan mengonfigurasi router dengan kata sandi yang aman. Namun, untuk keamanan maksimum, gunakan kata sandi baru setelah menerima perangkat. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk mengubah kata sandi anda secara teratur.

About Editorial Staff

Check Also

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

kabarsoloraya.com.–Saat ini memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2022 dapat dilkerjakan dari rumah dengan …