Pastikan HP Samsung anda resmi atau tidak dengan 5 cara cek IMEI

Pastikan HP Samsung anda resmi atau tidak dengan 5 cara cek IMEI
cek IMEI : samsung.com

 

 

kabarsoloraya.com.-Cara cek IMEI Samsung secara resmi kini bisa dilakukan dengan beberapa cara. IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah kode yang terdapat di setiap ponsel. Kode ini terdiri dari 14-16 digit dan semuanya unik atau setiap ponsel memiliki kode IMEI yang berbeda. Nomor IMEI ini berperan sebagai salah satu identitas dari ponsel itu sendiri. Jika nomor tersebut dimasukkan ke dalam sistem pengecekan, informasi yang berbeda tentang ponsel akan muncul. Nomor IMEI ini juga menjadi salah satu faktor penentu keaslian ponsel Samsung kita. Jika Anda menemukan informasi berbeda tentang tipe ponsel Samsung yang Anda miliki, dapat dipastikan ponsel tersebut palsu. Tidak hanya itu, IMEI juga sering digunakan oleh operator seluler untuk memblokir layanan mereka. Padahal, beberapa tahun lalu, ada wacana pelarangan nomor IMEI ponsel yang dipasarkan secara ilegal. Nantinya, semua operator seluler bisa mendeteksi apakah ponsel Samsung yang mereka miliki adalah barang black market, black market, atau resmi. Jika peraturan ini berlaku, kami selanjutnya tidak akan dapat menggunakan layanan data, SMS, dan telepon pada ponsel ilegal tersebut. Untuk mengetahui apakah ponsel Samsung Anda berasal dari pasar gelap atau tidak, ada baiknya Anda mengecek IMEI terlebih dahulu. Cara cek IMEI Samsung sangat mudah dilakukan.

BERITA TERKAIT

Nah, berikut ulasan Cek IMEI lengkap yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Cek IMEI Samsung menggunakan kode IMEI yang ada di gambar handphone.

Salah satu cara untuk mengecek IMEI asli Samsung bisa dilakukan dengan menggunakan kode khusus yang menampilkan informasi nomor IMEI. Jika Anda menggunakan ponsel Samsung dual SIM, dua nomor IMEI yang berbeda akan muncul. Tidak banyak orang yang mengetahui cara ini, karena biasanya IMEI dapat ditemukan di body atau box perangkat.
Namun, Cara Cek IMEI dengan kode khusus ini sangat berguna untuk mencocokkan IMEI di sistem perangkat Anda dengan nomor yang tertera pada kotak. Cukup tekan *#06# pada keypad perangkat. Tanpa harus menekan tombol panggil, sistem telepon akan secara otomatis memulai proses pengecekan IMEI. Hanya dalam hitungan detik, nomor IMEI akan muncul di perangkat Anda.

2. Cek IMEI Samsung dengan Hp Dusbook Samsung versi terbaru.

Cara mengetahui kode IMEI selanjutnya adalah melalui kotak. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel baru, ada baiknya Anda melihat dulu bagian samping atau bawah casing ponsel. Jika ponsel benar-benar asli, kode IMEI akan tercantum di kotak ponsel. Ciri-ciri memiliki kode IMEI adalah kode dengan kode batang. Umumnya, kode IMEI akan berada di bagian bawah kode batang yang tercantum pada kotak ponsel. Cara ini bisa kamu terapkan ke semua tipe HP Android, tidak hanya Samsung. Kemudian, untuk memastikan ponsel tersebut asli, Anda juga harus mencocokkan kode IMEI yang ada di kemasan dengan yang ada di ponsel dengan cara pertama. Jika semua kode sama, berarti produk Samsung yang Anda beli benar-benar original.

3. Periksa IMEI Samsung di bagian Baterai

Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian baterai ponsel Samsung. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel, ada baiknya Anda menyempatkan diri untuk mengecek bagian baterai terlebih dahulu. Jika kode IMEI yang tertera pada baterai sama dengan yang tertera pada casing, maka ponsel tersebut asli. Harap dicatat bahwa metode ini hanya dapat digunakan untuk ponsel yang dapat melepas baterai. Sebagian besar ponsel modern tidak dapat melepas baterai. Tetapi cara ini sangat penting, lihat saja bagian belakang baterai lalu cari ikon barcode dan lihat bagian bawah. Di sana Anda akan menemukan banyak angka, tetapi cari baris kode yang dimulai dengan 35.

4. Cek IMEI Samsung di menu Setting IMEI.

Selain banyak cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencoba Cara Cek IMEI Samsung. Untuk mengeceknya juga sangat mudah, cukup buka menu Setting atau Pengaturan di ponsel Samsung Anda. Kemudian cari Tentang ponsel atau Tentang ponsel. Kemudian, cari saja kode IMEI yang terdiri dari deretan angka dengan barcode. Nantinya akan muncul dua nomor IMEI yang berbeda jika Anda menggunakan ponsel Samsung dual SIM. Jika Anda mengalami masalah, menu pengaturan juga telah menyediakan kolom pencarian, jadi Anda hanya perlu memasukkan “Tentang ponsel”, mudah untuk menemukan nomor IMEI. Kemudian jangan lupa untuk mencocokkan nomor dengan nomor di kotak ponsel.

5. Periksa Samsung IMEI dengan situs web

 

Setelah Anda mengetahui nomor IMEI pada cara di atas, kini Anda tinggal mengecek informasi detail kode IMEI tersebut. Ini sangat penting sebagai cara untuk mengetahui keaslian ponsel Samsung Anda.

Anda hanya perlu mengunjungi website imei.info. Setelah dibuka, masukkan nomor IMEI yang diperoleh sebelumnya di kolom pencarian. Jika sudah memasukkan nomor IMEI, Anda hanya perlu mengisi Captcha dan klik tombol Centang. Tunggu beberapa detik hingga muncul informasi nomor IMEI yang berisi model ponsel, pabrikan, tahun rilis, hingga muncul spesifikasi ponsel. Dengan informasi ini, Anda dapat mengonfirmasi apakah ponsel itu asli atau tidak.

Oleh karena itu tinjau cara memeriksa IMEI Samsung. Semua cara yang dijelaskan di atas sebenarnya sangat mudah, namun sangat penting dan berguna untuk mengecek keaslian ponsel yang Anda miliki. Jadi jangan remehkan nomor IMEI, karena pada dasarnya itu adalah bagian dari identitas ponsel Samsung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About Editorial Staff

Check Also

Cara Mute Seseorang Saat Group WA Calls Atau Panggilan Group Berlangsung

Terbaru !! Cara Mute Seseorang Saat Group WA Calls Atau Panggilan Group Berlangsung

Kabarsoloraya.com. Cara mudah mute seseorang saat group WA calls atau panggilan grup berlangsung. Caranya sangat …