Ini dia 5 pekerjaan yang berprospek dimasa mendatang
images source: liputan6.com

Ini dia 5 pekerjaan yang berprospek dimasa mendatang

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan gangguan yang signifikan terhadap dunia kerja. Menurut laporan World Economic Forum bertajuk The Future of Jobs Report 2020, ada 85 juta jenis peran pekerjaan yang akan diganti dalam lima tahun ke depan. Dapat dikatakan bahwa perusahaan saat ini telah mengadopsi penggunaan teknologi untuk mengefisienkan tenaga kerja beserta tujuan bisnisnya.

Tommy Yunus, CEO dan co-founder Cakap, mengatakan integrasi bisnis dan teknologi membuat banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan digital yang handal. “Departemen sumber daya manusia Indonesia perlu memperkaya diri dengan kompetensi dan keterampilan yang relevan saat ini. Hal ini dapat dilihat dari Laporan Pekerjaan Masa Depan Forum Ekonomi Dunia yang menyediakan beberapa pekerjaan dan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan yang paling perlu,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (3/4/2022).

 

Ini dia 5 pekerjaan yang berprospek dimasa mendatang
Ini dia 5 pekerjaan yang berprospek dimasa mendatang

Ia menambahkan, tidak hanya lulusan teknologi yang bisa mendapatkan pekerjaan penguasaan digital, tetapi semua orang bisa belajar ilmu komputer dari berbagai sumber, salah satunya platform pembelajaran online. Oleh karena itu, Cakap melalui Program Peningkatan Keterampilan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat melalui berbagai pilihan kelas vokasi atau pelatihan keterampilan. “Bab ini dapat bermanfaat bagi sumber daya manusia Indonesia dalam mengembangkan dan memperkaya keterampilannya untuk menjadi sumber daya manusia yang berdaya saing dan berdaya saing global,” ujarnya.

Ini adalah contoh surat lamaran bahasa Indonesia untuk lima pekerjaan paling banyak diminati selama beberapa tahun ke depan.

1. Analis Data atau Ilmuwan Data

Seorang analis data adalah peran yang memeriksa informasi menggunakan alat analisis data. Hasil analisis data ini sangat penting bagi perusahaan dalam memberikan keputusan bisnis untuk perkembangan perusahaannya. Analis data menggunakan banyak aplikasi dan perangkat lunak pengolah data dalam pekerjaan sehari-hari mereka, seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

2. Khusus dalam Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin

Kecerdasan buatan (AI) dikenal sebagai kecerdasan buatan yang sering dikaitkan dengan sistem komputer meniru pemikiran manusia untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Peran kecerdasan buatan telah membantu berbagai industri untuk menyederhanakan bisnis dan memuaskan pelanggan. Salah satu bagian dari kecerdasan buatan adalah pembelajaran mesin yang mengacu pada perangkat lunak dan perangkat keras. Pembelajaran mesin memerlukan algoritme untuk mengumpulkan dan menganalisis data, volume, dan metrik dalam jumlah besar.

Ini dia 5 pekerjaan yang berprospek dimasa mendatang
Ini dia 5 pekerjaan yang berprospek dimasa mendatang

3. Spesialis Big Data

Era teknologi saat ini sangat bergantung pada penggunaan big data untuk membangun bisnis. Big Data Specialist sendiri berperan dalam mengambil dan mengolah data yang berguna bagi manajemen perusahaan untuk menciptakan pemecahan masalah sekaligus solusi bisnis.

4. Pemasaran Digital dan Profesional

Bagian terpenting dari perusahaan adalah mempromosikan bisnis agar mendapatkan pendapatan (revenue) sebagai hasilnya. Untuk itulah, digital marketing menjadi peran yang paling tepat dalam mempromosikan suatu produk atau jasa karena banyak orang saat ini mengandalkan aktivitas online. Orang-orang dengan keterampilan pemasaran digital akan memahami bagaimana menggunakan alat pemasaran digital untuk membantu proses pemasaran bisnis mereka.

5. Spesialis Pengembangan Bisnis

Seperti namanya, pengembangan bisnis berperan dalam menumbuhkan bisnis melalui berbagai strategi, antara lain B2B (business to business), B2C (business to customer), atau B2G (business to government). Peran pengembangan bisnis seringkali erat kaitannya dengan peran eksekutif penjualan, yang memiliki tujuan yang sama, yaitu menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.