Cara mencari mesjid / musholla melalui google maps

Saat sedang berada di luar rumah, masjid atau mushala biasanya menjadi tempat yang bakalan dicari umat muslim yang ingin menunaikan ibadah shalat. Akan tetapi, ketika berada di tempat yang baru dikunjungi, lokasi masjid akan lebih sulit untuk dicari. Kini pengguna smartphone bisa mencari letak masjid atau mushala yang terdekat dengan lokasinya saat ini melalui Google Maps. Tak hanya mencari, aplikasi tersebut juga bisa mengarahkan pengguna ke masjid atau mushala yang ingin dituju.

Mencari mesjid/musholla dengan maps

Bagaimana caranya?

Cara mencari kedua tempat ibadah tersebut¬† cukup mudah. Pertama-tama, buka aplikasi Google Maps dan ketikkan kata “masjid” atau “mushala” di kolom pencarian bertuliskan “Search here“. Lalu, klik tombol “Search” pada tampilan keyboard.

 

Mencari mesjid/musholla dengan maps
Mencari mesjid/musholla dengan maps

Selanjutnya, pengguna akan diperlihatkan tampilan peta yang sudah ditandai dengan sejumlah masjid atau mushala terdekat, lengkap dengan nama, jarak, gambar, serta keterangannya. Setelah itu, pengguna bisa langsung memilih tempat ibadah yang ingin dikunjungi dan lantas meng-klik tombol “Directions” dan “Start” agar langsung diarahkan ke tempat tersebut. Apabila jaraknya dekat, rute navigasi yang ditampilkan akan diatur ke rute pejalan kaki. Namun, mereka bisa memilih rute perjalanan dengan kendaraan pribadi macam motor atau mobil, atau moda transportasi umum apabila masjid atau mushala yang ingin dituju berjarak jauh.

 

Mencari mesjid/musholla dengan maps
Mencari mesjid/musholla dengan maps

Bisa menggunakan voice/suara.

Selain menggunakan Google Maps, pencarian masjid atau mushala terdekat juga bisa menggunakan layanan pemandu suara bikinan Google, yaitu Google Assistant.

Cara mencari mesjid / musholla melalui google maps
Cara mencari mesjid / musholla melalui google maps

Layanan ini bisa dimunculkan dengan mengucapkan “Ok, Google”, kemudian menekan tombol home, atau memencet tombol fisik Google Assistant yang biasanya berada di sisi bingkai ponsel. Apapun caranya, pengguna bisa mengucapkan kata “masjid” atau “mushola” ketika tampilan utama Google Assistant muncul, sebagaimana gambar pertama pada ilustrasi di atas. Kemudian, akan ditampilkan dengan hasil pencarian masjid atau mushala terdekat dan mereka bisa memilih salah satu yang paling dekat dengan lokasi mereka, atau yang ingin dikunjungi. Terakhir, klik tombol “Rute” untuk beralih ke aplikasi Google Maps dan melakukan navigasi ke tempat tujuan tersebut.

About Editorial Staff

Check Also

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP. Memang hal yang menyebalkan ketika memori …