8 Tips Ampuh Cara menghemat Baterai handphone

8 Tips Ampuh Cara menghemat Baterai handphone

8 Tips Ampuh Cara menghemat Baterai handphone
8 Tips Ampuh Cara menghemat Baterai handphone. sumber gambar youtube

Cara Menghemat Baterai Samsung Oppo Xiaomi Iphone Dan Merk Lainnya : Baterai merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah smartphone. Karena tanpa baterai, smartphone tidak akan bisa menyala, dan juga jika baterai habis padahal kapasitasnya sangat besar. Pengguna smartphone harus waspada untuk memanfaatkan fitur-fitur canggih dari ponsel atau aplikasi yang menguras daya baterai.

Untuk menghindari baterai ponsel cepat habis dayanya, Anda juga bisa melakukan banyak cara, mulai dari menghentikan aplikasi yang boros daya baterai atau menggunakan aplikasi penghemat baterai yang biasanya memberikan rekomendasi apa yang harus dilakukan. Contoh lain: smartphone Anda dilengkapi dengan baterai yang cukup besar, yaitu: 5000 mAh, yang dapat bertahan kurang dari sehari (dengan penggunaan normal). Jadi sangat penting untuk cerdas dalam menangani smartphone, terutama jika kapasitas baterai Anda kecil.

 

Berikut beberapa cara hemat baterai ponsel yang bisa langsung Anda praktikkan. Langkah ini bisa dilakukan secara instan oleh semua pengguna, Android atau iPhone sepertinya tidak jauh berbeda.

8 Tips Ampuh Cara menghemat Baterai handphone
8 Tips Ampuh Cara menghemat Baterai handphone

1. Gunakan mode hemat baterai

Cara Menghemat Baterai Untuk Samsung Oppo Xiaomi Iphone dll Pertama adalah selalu menggunakan penghemat baterai, setiap smartphone Android kini telah dilengkapi dengan fitur mode hemat baterai. Perangkat Anda akan memberi tahu Anda saat baterai Anda di bawah 20 persen dan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat baterai sebagai solusi. Kecuali Anda di rumah, aktifkan fitur ini untuk meningkatkan daya baterai ponsel saat Anda bepergian.

Bahkan jika Anda memiliki sisa baterai 15 persen, mengaktifkan fitur mode hemat baterai akan menambah waktu hingga satu jam lebih lama dari biasanya. Anda juga dapat mengaktifkan penghemat baterai dari awal (ketika baterai sudah 100 persen misalnya), tetapi biasanya beberapa aplikasi dan fitur telepon dibatasi untuk berjalan sesuai dengan kebijakan penghemat baterai masing-masing vendor.

2. Atur kecerahan layar otomatis

Cara Menghemat Baterai Samsung Oppo dan Xiaomi Iphone Yang kedua adalah mengatur kecerahan layar, mengatur tingkat kecerahan layar secara maksimal pasti akan menguras daya baterai smartphone. Sebaiknya sesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Jika lingkungan Anda cukup gelap, atur kecerahan layar ke lebih rendah.

Jika Anda adalah pengguna smartphone yang sangat mobile atau sering berada di area outdoor maupun indoor, sebaiknya sesuaikan pengaturan kecerahan layar smartphone secara otomatis. Dengan cara ini Anda tidak perlu terus-menerus mengubah tingkat kecerahan layar.

3. Keluar dari akun media sosial

Cara Menghemat Baterai Samsung, Oppo, Xiaomi Iphone dll Yang ketiga adalah dengan logout akun media sosial. Media sosial terus membagikan notifikasi terbaru, yang dapat memengaruhi persentase baterai. Oleh karena itu, lebih baik logout dari akun media sosial seperti Instagram dan lainnya.

Jika Anda takut tidak akan mengingat kata sandi untuk masuk lagi, jangan khawatir. Tidak banyak yang tahu, semua jejaring sosial (termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dll), memasukkan kata sandi Anda. Tanpa harus mengetikkan kata sandi, mereka menawarkan tombol klik untuk masuk. Voila, Anda kembali online.

4. Matikan sinyal radio yang tidak perlu

Cara Menghemat Baterai Samsung Oppo Xiaomi Iphone dll. Keempat adalah mematikan sinyal radio yang tidak perlu, fitur-fitur yang bergantung pada frekuensi radio seperti NFC, GPS, Wi-Fi dll sangat berguna untuk kenyamanan aktivitas pengguna, seperti menghubungkan ponsel phone to wifi Pembayaran menggunakan uang digital (uang elektronik). Namun, terkadang pengguna tidak ingat untuk mematikan fitur tersebut saat tidak dibutuhkan.

Nah, jika Anda membiarkannya aktif saat tidak digunakan, fitur tersebut akan menguras daya baterai Anda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mematikan Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan fitur konektivitas lainnya saat tidak digunakan.

5. Jangan biarkan aplikasi berjalan di latar belakang

Cara kelima adalah mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, multitasking adalah istilah di mana pengguna menjalankan serangkaian aplikasi secara bersamaan di smartphone mereka. Aktivitas ini memudahkan pengguna untuk kembali ke aplikasi yang sering dibuka, tanpa harus me-restart aplikasi. Mengenai konsumsi baterai, multitasking sudah menghabiskan baterai karena aplikasi berjalan di sistem telepon dan memori.

Untuk menghindari pemborosan baterai, tutup aplikasi yang tidak digunakan segera setelah pengguna meninggalkan aplikasi. Hindari menekan tombol beranda untuk kembali ke layar beranda ponsel.

6. Jauhi penggunaan widget dan wallpaper hidup

Cara Menghemat Baterai Samsung Oppo, Xiaomi Iphone, dll Keenam adalah tidak menggunakan gambar bergerak 3D, menggunakan gambar background animasi atau wallpaper hidup yang menarik. Namun hal ini akan meningkatkan penggunaan prosesor sehingga akan terus menguras daya baterai. Begitu juga dengan menggunakan widget yang membutuhkan update informasi dari internet juga akan menguras baterai Anda.

Jadi pengguna dapat mencoba menggunakan wallpaper statis yang menarik dan mengurangi penggunaan alat.

7. Matikan notifikasi yang tidak perlu

Cara Menghemat Baterai Samsung, Oppo, Xiaomi Iphone, dll. Ketujuh adalah mematikan notifikasi yang tidak penting.Beberapa aplikasi umumnya dilengkapi dengan kemampuan untuk mengirimkan data melalui notifikasi sehingga pengguna dapat dengan mudah melihatnya, jika memang ada hal penting yang perlu diketahui pengguna. Misalnya, untuk pembaruan berita atau hanya untuk memberi tahu Anda tentang pesan masuk.

Namun, menggunakan notifikasi dapat menguras baterai jika pengguna tidak memiliki kontrol atas aplikasi mana yang dapat mengambil data melalui notifikasi. Oleh karena itu, matikan beberapa notifikasi untuk aplikasi yang tidak dibutuhkan pengguna. Untuk mengakses izin notifikasi, pengguna bisa masuk ke menu Setting di ponselnya dan masuk ke menu App Notifications atau menu Unified.

8. Matikan fitur Auto Sync

Cara Menghemat Baterai Samsung, Oppo, Xiaomi Iphone, dll Terakhir matikan fitur auto sync, fitur auto sync umumnya berguna untuk mengecek apakah ada data baru dari aplikasi yang diinstal oleh pengguna, misalnya untuk mengecek e- Surat biasa atau pemberitahuan dari aplikasi jejaring sosial. Namun, pemeriksaan berkala ini menguras baterai. Oleh karena itu, pengguna dapat menonaktifkan fitur auto-sync di menu Setting di smartphone mereka.

Kami berharap langkah-langkah dasar di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin meningkatkan penggunaan baterai.