Desain Mirip NMax, Skuter Yamaha E01 Dilakukan Pengetesan

 

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan skuter listrik Yamaha E01 lewat pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022.

Meski masih berupa produk prototipe, skuter listrik rakitan Yamaha ini dibekali sejumlah teknologi canggih untuk urusan pengisian daya

Saat ini, Yamaha Indonesia tengah mengurus kesiapan dari unit tes E01 yang akan disebar ke masyarakat. Yamaha mengatakan, E01 ini dapat dites oleh media dan juga konsumen umum.

E01 Dilakukan Pengetesan

Yamaha menegaskan E01 atau kendaraan yang mereka jual secara umum ini adalah dari Yamaha untuk konsumen langsung. Namun mereka juga terbuka untuk instansi pemerintah yang ingin berkolaborasi.

1. Tes Pengisian Daya

Desain Mirip NMax, Skuter Yamaha E01 Dilakukan Pengetesan
Desain Mirip NMax, Skuter Yamaha E01 Dilakukan Pengetesan

Dalam sesi virtual conference yang digelar baru-baru ini, Takuya Maruo selaku Engineer Project Leader Yamaha Motor Jepang menjelaskan bahwa Yamaha E01 memiliki tiga metode pengisian daya. Yaitu:

  1. Pertama fast charger hanya memerlukan waktu satu jam untuk mengisi baterai dari 0 hingga 90 persen. Untuk sistem pengisian fast charging ini nantinya akan tersedia di jarangan Yamaha.
  2. Kedua, normal charger, seperti disebutkan Maruo-san, “Normal charger perlu lima jam untuk pengisian penuh 0 sampai 100 persen.” Untuk sistem pengisian ini, nantinya bisa dipasang di rumah pemilik kendaraan.
  3. Sementara pilihan ketiga, adalah portable charger dengan waktu pengisian yang lebih lama, yakni 14 jam dari 0 hingga 100 persen kapasitas baterai.  “Perangkat ini bisa dibawa pengguna layaknya sebuah powerbank untuk smartphone,” jelas Maruo-san.

2. Ramah Lingkungan

Produk motor full elektrik ini merupakan bukti pabrikan dalam mewujudkan gagasan kendaraan yang ramah lingkungan.

Motor ini juga menjadi jawaban atas isu-isu global terkait lingkungan hidup seperti Carbon Neutral dengan penghematan energi, pencegahan polusi udara, dan pengurangan limbah.

3. Bagian dari Gaya Hidup

Menurut Yamaha, konsumen saat ini juga lebih peduli dan tertarik terhadap teknologi baru sekaligus sebagai bagian dari gaya hidup.

Setelah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019, Yamaha kembali menampilkan E01 untuk pertama kalinya kepada publik di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

”Pengembangan produk EV Yamaha dimulai di tahun 2002 dengan model pertama yang diberi nama “Passol”. Sejak saat itu kami telah menjual sebanyak 6 model EV ke pasar global yang tercatat dalam sejarah Yamaha,” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Yamaha E01 memiliki ukuran panjang 1.930 mm, lebar 810 mm, dan tinggi 1.190 mm dengan ketinggian posisi duduk ke tanah 755 mm dan diperkirakan baru akan mulai resmi diniagakan di pasar lokal pada semester II 2022.

Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) motor ini diperkenalkan ke pasar lokal sekarang masih sebatas untuk ngetes minat pasar.

 

About Editorial Staff

Check Also

Penyebab Mobil Tersendat sendat Pada rpm Rendah, Cek Apa Saja !

Penyebab Mobil Tersendat sendat Pada rpm Rendah, Cek Apa Saja !

Penyebab Mobil Tersendat sendat Pada rpm Rendah. Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil tersendat sendat …