7 tempat Direkomendasikan Belanja Baju Lebaran di Wilayah Jakarta

7 tempat Direkomendasikan Belanja Baju Lebaran di Wilayah Jakarta

Belum lengkap rasanya jika Anda tidak mencari baju koko baru setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan. Padahal, setelah sebulan berpuasa umat Islam akan tiba di Hari Raya Idul Fitri. Saat itulah umat Islam membutuhkan pakaian yang bersih dan suci yang mencerminkan hati pemakainya, setelah diuji dengan berpuasa selama sebulan penuh.

Namun, ketika Anda tinggal di Jakarta, Anda harus memiliki tips dan trik khusus agar Anda tidak hanya harus pergi ke mal yang mewah. Jika tidak, anggaran keuangan akan runtuh pada akhir bulan.

Tips dan trik khusus ini kami berikan rekomendasi 7 tempat belanja termurah dan favorit di Jakarta.

1) Pasar Tanah Abang

Jika Anda ingin mencari baju atau kain berkualitas dengan harga murah, carilah di Pasar Tanah Abang. Di sini Anda bisa menemukan segudang pakaian mulai dari baju koko, kemeja, rok, celana, blus, dan gamis, hingga jilbab. Soal harga, jangan ditanya. Pasar yang terletak di pusat kota Jakarta ini telah diakui sebagai tempat berbelanja pakaian grosir dan eceran dengan harga termurah di Indonesia. Sangat terkenal, Anda akan melihat banyak turis asing bertransaksi di pasar ini. Bahkan kepala Dana Moneter Internasional terkejut.

Selain murah, salah satu poin utama rekomendasi Pasar Tanah Abang adalah aksesibilitasnya. Ada banyak sarana transportasi umum yang bisa digunakan untuk mencapai tempat ini, mulai dari kereta api dan jalur bus hingga angkutan kota. Oleh karena itu, pendatang baru tidak perlu khawatir, terutama yang baru pertama kali datang ke Jakarta.

Ada juga trik khusus untuk berbelanja di pasar ini. Datanglah ke pasar ini sesegera mungkin. Biasanya penjual berbaik hati memberikan potongan harga kepada penjual pertama. Juga cobalah untuk menghindari belanja di akhir pekan sebanyak mungkin untuk menghindari bentrok dengan pembeli lain.

2) Pasar Mayestik

Di pusat perbelanjaan modern 10 lantai ini, pedagang dikelompokkan menurut jenis barang dagangannya. Tidak hanya berhenti di situ, sistem zonasi juga diterapkan di sini. Misalnya di basement ada dua kelompok pasar yaitu pasar kering dan pasar basah di Blok A dan Blok B yang terdiri dari beberapa kios. Di Blok A, pasar kering menjual sayuran, rempah-rempah, buah-buahan, dan potongan daging, sedangkan pasar basah menawarkan ikan basah, ikan hidup, bagian ayam, dan ayam hidup di banyak penginapan. Di semi basement, pedagang dibagi menjadi beberapa area dengan kios barang pecah belah, kosmetik, kacamata, obat-obatan, sepatu, dan sandal.

Kembali ke lantai dasar, Anda akan menemukan tekstil dan pakaian di Blok A dan beberapa produk di Blok B. Kembali ke lantai mezzanine, area komersial secara kasar dibagi secara simetris antara blok A dan B, yang berhubungan dengan tekstil. Di lantai pertama Anda dapat melihat pembagian pedagang dengan barang dagangan paling tidak umum, logam mulia, dan konter bazaar. Di lantai dua, pedagang di Blok B fokus pada perbankan, desainer, dan kerajinan.

Berbelanja atau sekedar berbelanja di pasar ini akan sangat nyaman dan aman. Jangan heran, karena untuk keamanan di pasar yang satu ini sudah ada fasilitas AC, peralatan proteksi kebakaran standar, eskalator, lift, CCTV, 106 sistem alarm, toilet, dan tempat ibadah. Jadi, Anda tidak akan bosan di dalamnya.

3) Pasar Jatinegara

Pasar ini cocok disebut “gado-gado”, karena bisa dibilang semua kebutuhan tersedia di sini. Mulai dari kebutuhan primer dan sekunder hingga tahap ketiga. Mau cari baju? Semua jenis ada di sini. Mulai dari pakaian dewasa hingga pakaian bayi dan balita. Ingin memasak? Temukan surganya pedagang di sini. Atau mau cari aksesoris? Luar biasa, tidak ada salahnya mencarinya di sini. Bahkan, Anda juga akan menemukan perkakas listrik, kasur box-spring, barang pecah belah, kosmetik, dan bahkan obat-obatan.

Barang dagangan yang dijual di Pasar Jatingara umumnya grosir. Oleh karena itu, sangat tepat untuk mengevaluasi barang-barang di pasar ini jika Anda ingin memulai bisnis. Jangan khawatir, pembelian eceran sebenarnya juga akan ditawarkan.

Soal harga, Anda tidak perlu khawatir. Anda akan dapat menghemat loker rupee di pasar ini dibandingkan dengan jika Anda membeli kebutuhan Anda di supermarket.

4) ITC Cempaka Mas

Tempat ini merupakan salah satu pusat grosir terbesar di Indonesia. Tak heran, karena di pasar ini terdapat hampir 6 ribu stand yang tersebar di 5 lantai. Di lantai bawah dan dasar Anda dapat menemukan supermarket Carrefour, pusat emas, dan toko mainan anak-anak. Lantai 1 sampai 3 adalah pusat pakaian. Anda bisa menemukan semua jenis pakaian mulai dari pakaian santai hingga pakaian muslim di dalamnya. Sedangkan di lantai empat, terdapat segudang perangkat elektronik mulai dari ponsel, aksesoris, dan komputer hingga peralatan video game. Di atasnya lagi ada pusat permadani dan food court yang bisa Anda kunjungi untuk istirahat setelah berkeliling.

ITC Cempaka Mas terletak di lokasi yang sangat strategis di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Anda dapat mencapai tempat ini baik dengan mikrolet, metro atau bus Transjakarta. Anda tidak akan tersesat pergi ke pusat grosir ini, tetapi pastikan Anda tidak membuang waktu karena menjelajahinya sangat menyenangkan!

5) Pasar Baru

Dengan ciri khas pintu masuk yang tampak seperti mulut terowongan ini, bisa dipastikan kamu akan menoleh ketika melintas di depannya. Yup, karakteristik itulah yang membuat pasar ini begitu unik dan menarik.

Meskipun namanya mengandung kata “baru”, jangan salah, pasar ini juga termasuk pasar tertua di Jakarta, lho. Di dalamnya kamu bisa menemukan baju, tekstil, sepatu, tas, aksesori, dan makanan, tentunya dengan harga relatif terjangkau. Jika kamu jeli dalam mencari, kamu bahkan bisa mendapatkan pakaian impor bekas dari Jepang, Amerika, dan Korea dengan harga di bawah 50 ribu rupiah. Untuk makanan, Pasar Baru menawarkan berbagai jenis hidangan mulai dari menu jadul hingga modern.

6) ITC Mangga Dua

Mangga Dua tidak hanya menjadi pusat perbelanjaan, tetapi juga tujuan wisata. Secara khusus, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan mempromosikan kawasan ini sebagai salah satu dari 12 tujuan wisata pantai untuk menarik wisatawan asing.

ITC Mangga Dua menganggap dirinya sebagai pusat perbelanjaan untuk pakaian yang berbeda. Segala macam produk jadi yang terbuat dari kain dapat ditemukan di sini, mulai dari pakaian wanita dan pria hingga pakaian anak-anak. Dari pakaian santai hingga batik formal. Selain itu, ada juga toko impor dari Thailand, Hong Kong bahkan Korea. Jadi, bersiaplah untuk melihat pasar yang dipenuhi wanita.

7) Pasar Asemka

Pasar Asemka adalah contoh lain dari pasar grosir. Semuanya untuk kelas ketiga seperti aksesoris tersedia dalam jumlah besar dan murah. Anda bahkan bisa mendapatkan selusin jepit rambut dengan aksen mutiara hanya dengan 200.000 rupee. Sampai saat itu Anda masih bisa menawar, lho.

Selain aksesoris, barang utama yang dijual di pasar ini adalah souvenir pernikahan. Hanya dengan Rp 60 ribu, kamu sudah bisa membawa pulang 100 souvenir pernikahan berupa magnet kulkas. Cukup memikat, bukan?

Itu adalah  7 tempat belanja murah di Jakarta yang wajib kamu tahu. Dengan memilih tempat berbelanja dengan cermat, Anda akan berhasil menghemat anggaran dan menikmati hasilnya di akhir bulan.