Peningkatan Pengguna Mobil Listrik di 2022 ! Sudah Banyak Dipakai Mudik Lebaran

PT PLN (Persero) melaporkan, jumlah mobil listrik yang digunakan mudik tahun ini masih terus berlanjut. PLN memperkirakan era kendaraan listrik sudah di depan mata.
Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali, Haryanto WS, mengatakan penggunaan listrik untuk SPKLU meningkat 20 persen sepanjang Jawa hingga Bali. Menurutnya, ini berarti peningkatan penggunaan mobil listrik.
Sayangnya, Haryanto tidak merinci berapa penggunaan kendaraan listrik yang terpantau dalam SPKLU yang disiapkan PLN.
“Kali ini ada peningkatan 20% dibandingkan penggunaan mobil listrik tahun lalu, dan ini fenomena luar biasa dari era mobil listrik,” kata Haryanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/5/2022).
Pihaknya memperkenalkan rangkaian SPKLU di rest area di sepanjang Jawa dan Bali.

Menurut catatan , ada 8 titik SPKLU di sepanjang jalan tol dari Jawa hingga Bali. Mulai dari zona nyaman KM 519 A (Solo Ngawi), zona nyaman KM 519 B (Ngawi Solo).
Kemudian Rest Area KM 389 B (Batang – Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang – Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B ( Palikanci) dan rest area KM 6 (Jakarta – Cikampek).
Tidak hanya di zona nyaman, pemudik juga bisa memanfaatkan fasilitas SPKLU yang disediakan PLN di tempat lain. Setidaknya, PLN kini telah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota di seluruh Indonesia.
Haryanto mengatakan pihaknya juga mengatakan sudah ada fast charging atau mobile charging yang bisa langsung masuk ke mobil yang kehabisan tenaga listrik di jalan.
Namun, sejauh ini, menurut dia, belum ada yang menggunakan layanan tersebut. Pasalnya, Haryanto mengaku sejauh ini tidak ada keluhan penggunaan mobil listrik yang kehabisan tenaga di tengah jalan.
“Alhamdulillah tidak ada komplain dari pengguna mobil listrik, misalnya mati tersengat listrik di tengah jalan. Kami sudah siapkan fast charging untuk ponsel, tapi tidak ada yang minta,” kata Haryanto.

Selain di Jawa, PLN juga telah menyiapkan layanan SPKLU di jalur transit Sumatera. Regional Business Manager Sumatera dan Kalimantan Adi Lomaxu mengatakan sudah ada SPKLU yang siap dan berdiri di pintu masuk Jalan Lintas Sumatera.
Lebih tepatnya, Adi menjelaskan bahwa SPKLU berada di Gerbang Kalianda dan juga di Terbanggi Besar. Selain itu, beberapa kantor cabang PLN di Sumatera telah membuka layanan SPKLU.
“Di kantor cabang kami, di UID, kami telah menyiapkan banyak SPKLU. Jika Anda sedang dalam perjalanan untuk memungut biaya di Kalianda, buatlah SPKLU. Kemudian, di akhir Terbanggi Besar, ada juga SPKLU lain,” kata Adi.

About Editorial Staff

Check Also

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

kabarsoloraya.com.–Saat ini memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2022 dapat dilkerjakan dari rumah dengan …