Mengenang Sosok Hj Mieke Wijaya hingga Keinginan Terakhir sebelum Meninggal Dunia

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Belum lama berselang, salah satu seniman besar Indonesia, Mieke Wijaya, meninggal dunia.

Menurut kabar yang beredar, Selasa malam lalu (3/5/2022) malam meninggal dunia pukul 19.30 WIB kemarin. Pemeran film Tiga Dara meninggal dunia di usia 82 tahun. Kabar duka ini pertama kali beredar melalui SMS.

“Ibu saya, nenek kami, Haji Mieke Wijaga yang kami cintai meninggal pada hari Selasa 3 Mei 2022 pukul 19.30 WIT dalam usia 82 tahun. Semoga Anda memaafkan semua kesalahannya dan semoga Tuhan Yang Maha Esa menerima amalnya,” bunyi pesan singkat tersebut.

Ingin tahu lebih banyak tentang almarhum? Simak faktanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber seperti di bawah ini.

1. Karakter Mieke Wijaya

Sekedar mengingatkan, Mieke Wijaya lahir pada 17 Maret 1940, Ibu. Dia menikah dengan Dickie Zolkarnin dan memiliki beberapa anak. Diantaranya adalah Nya Zolkarnin, Terza Valentina Zulkarnin, Berman Morgana Zulkarnin, dan Adi Mascarana Zulkarnin.

Sepanjang karirnya, Mieke Wijaya telah bermain di beberapa film layar lebar. Tega Dara (1957) adalah yang paling populer. Ia juga berakting dalam film Ranjang Pengantin (1974), Kawin Lari (1974), Gadis Hitam Putih (1985), hingga Ayat-Ayat Cinta (2008).

2. Dia sembuh dari penyakitnya

Saat putrinya bertemu Nia Zulkarnain di rumah duka, dia memberikan informasi tentang ibunya. Dari penuturannya, mendiang ibunda dirawat selama sebulan terakhir di Rumah Sakit Militer Gatot Subroto Jakarta.

Ditemani suaminya, Ari Sihasale, Nia mengatakan: “Mama dirawat sebulan terakhir, selama Ramadhan. Mama sudah diabetes. Akhirnya ada kanker.”

Namun, aktris yang bermain film sejak 1955 itu tidak memberi tahu keluarganya tentang penyakitnya. Karena itu, Nia dan saudara-saudaranya yang lain tidak mengetahuinya.

“Jujur, semua anak tidak tahu. Karena Mama sakit, kami pun tidak tahu. Dia ibu yang sangat baik, dan tidak mau merepotkan orang,” katanya.

“Kami sudah melakukan yang terbaik. Kami juga mewakili keluarga. Kami mengucapkan terima kasih kepada para dokter yang telah memberikan perawatan yang baik kepada Mama,” lanjut Nia.

Jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan siang ini di TPU Tanah Kusir sekitar pukul 12.00 WIB. Dalam kesempatan yang sama, Nia juga meminta doa dan berharap agar ibunya dikenang melalui karyanya.

“Saya berharap semua dosanya diampuni. Kami berharap karya-karyanya akan selalu dikenang sebagai salah satu legenda perfilman Indonesia. Karena jiwa dan hatinya didedikasikan untuk film Indonesia saja,” katanya.

About Editorial Staff

Check Also

King Faaz Yang Viral Di Tik Tok Ternyata Punya Cita cita Mulia, Seperti Apa Keinginannya?

King Faaz Yang Viral Di Tik Tok Ternyata Punya Cita cita Mulia

Dibawah adalah ini biodata King Faaz mendadak viral di TikTok, gara-gara memberikan sanjungan kepada ayah sambungnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.