2 Cara Mengexport Gambar CorelDraw Yang Mudah

Kabarsoloraya.com. 2 Cara Mengexport Gambar CorelDraw. Buat kamu yang sedang belajar CorelDraw, salah satu materi yang harus dipelajari adalah teknik atau bagaimana cara mengexport gambar coreldraw jadi format lainya, baik itu jpg, bmp, png dan yang lainnya.

Terutama untuk kamu yang pemula, pastinya hal-hal seperti dinilai rumit, dan membingungkan. Tapi sebenarnya tidak, asalkan kamu tahu tahapannya, dan hal-hal yang sebaiknya dilakukan.

Ulasan berikut ini akan membahas tentang langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan untuk mengekspor gambar tersebut

Bagaimana Cara Mengexport Gambar Melalui Aplikasi CorelDraw

Cara Pertama

  1. Buka file CorelDRAW dan aktifkan halaman yang berisi objek yang perlu Anda ekspor.
  2. Pilih Ekspor dari menu File. (File >Export) Ini akan memunculkan kotak dialog ekspor.
  3. Pilih jenis format file yang diinginkan yang ingin Anda ekspor. ( JPG, TIFF, BMP, EPS, dll.) Berikan jalur dan nama untuk file yang diekspor.
  4. Untuk mengekspor seluruh halaman – Pastikan ‘Hanya yang dipilih’ tidak dicentang. – Untuk mengekspor hanya beberapa bagian dari desain atau beberapa objek dari halaman. Pastikan memilih objek yang diinginkan dari desain dan centang kotak ‘Hanya yang dipilih’
  5. Klik tombol Export. Hal ini akan memunculkan kotak dialog. Konten dalam kotak dialog bergantung pada jenis file yang Anda pilih untuk diekspor. Masukkan informasi sesuai kebutuhan Anda di kotak dialog. Biasanya pengaturan dan nilai ‘Terakhir digunakan’ dipertahankan oleh DRAW.
  6. Klik Ok

Cara Kedua

CorelDRAW dilengkapi dengan file Converter Macro bawaan. Macro adalah program yang mengotomatisasi tugas. Keuntungan menggunakan makro ini adalah pengguna dapat mengonversi sekumpulan file tanpa membuka file-file ini di CorelDRAW.  Makro ini juga mendukung dan memungkinkan untuk mengonversi beberapa format file non-CorelDRAW.

  1. Jalankan makro bawaan. (Alat > Makro > Jalankan Makro). Pada versi CorelDRAW sebelum X4 (Tools > Visual Basic > Play). Pilih makro ‘File Converter’ dari daftar ‘Macro in’ dan klik ‘Run’
  2. Pilih folder yang diinginkan berisi file yang akan dikonversi. Pilih file untuk dikonversi dan ditambahkan ke daftar file yang dipilih. Klik Oke.
  3. Atur folder tujuan untuk file yang dikonversi dan isi informasi lainnya sesuai kebutuhan dan klik Ok.

Demikian Bagaimana cara mengexport gambar CorelDraw yang bisa kamu lakukan secara mandiri agar bisa dibuka lewat aplikasi lain.

Semoga bermanfaat!!

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …