20 Aplikasi Pengolah Angka Untuk PC Dan Android Yang Menunjang Kinerja Bisnis

Kabarsoloraya.com. 20 Aplikasi Pengolah Angka Untuk PC Dan Android Yang Menunjang Kinerja Bisnis. Apakah kamu mencari rekomendasi aplikasi pengolah angka? Jika iya, kamu sudah berada di tempat yang benar. Hampir semua orang membutuhkan aplikasi pengolah angka untuk mendukung aktivitas produktif mereka.

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet dapat membantumu dalam menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris ataupun kolom. Melalui spreadsheet kamu bisa membuat tabel, grafik, menghitung rumus statistik, hingga laporan keuangan.

Dalam mengolah angka, membutuhkan bantuan alat atau aplikasi untuk mempermudah. Beberapa aplikasi bahkan dapat digunakan dengan mudah menggunakan smartphone.

Berkaitan penggunaan angka dan aplikasi pengolah angka, berikut kabarsoloraya.com telah merangkum dari berbagai sumber, 20 rekomendasi aplikasi pengolah angka PC dan Android yang mudah digunakan.

20 Aplikasi Pengolah Angka Untuk PC Dan Android

1. Microsoft Excel

Aplikasi ini sudah familiar digunakan sebagai software pengolah kata yang dapat diakses melalui laptop, PC, dan Android. Fitur yang disediakan pada Microsoft Excel juga sudah lengkap untuk mengolah berbagai angka dengan rumus yang telah disediakan.

2. IBM SPSS

SPSS merupakan salah satu aplikasi pengolah angka yang sering digunakan dalam melakukan penelitian. Dengan aplikasi ini, data angka yang diolah dapat ditampilkan berdasarkan hasil pengujian menggunakan suatu rumus yang sudah ditetapkan.

3. Apache OpenOffice Calc

Apache OpenOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang berbasis open source dan multiplatform. Penggunanya akan mudah dalam menggunakan aplikasi ini dengan gratis. User interface yang ditampilkan Apache OpenOffice Calc juga termasuk sederhana dan mudah dipahami bagi pengguna baru yang ingin mencoba aplikasi ini.

4. Kspread

Kspread merupakan aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan multiplatform. Maksud dari Open Source, kita dapat mengunduh secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas. KSpread adalah aplikasi spreadsheet yang merupakan bagian dari KOffice, paket office terintegrasi untuk desktop KDE. Beberapa fitur KSpread antara lain: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data.

5. Star Office Calc.

Star Office Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Aplikasi ini bersifat multiplatform yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.

6. Open Office Calc.

OpenOffice Calc adalah salah satu aplikasi pengolah angka yang besifat open source (dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja). Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.

7. GNOME Office – Gnumeric

Aplikasi pengolah angka ini merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source dan memiliki tampilan yang ramah pengguna. Contohnya, jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.

8. Lotus 123

Lotus 123 merupakan salah satu program pengolah angka yang dulunya sering digunakan. Program ini bekerja di bawah kendali sistem operasi MS DOS. Lotus 123 dikeluarkan oleh IBM. Ketika diluncurkan, program ini berada dalam satu paket dengan aplikasi Office lainnya atau yang sering disebut Lotus SmartSuite.

9. Quattro Pro

Adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Borland. Quattro pro memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan keuangan, matematika, statistika, ataupun pekerjaan lainnya. Program ini memudahkan pengguna untuk mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk grafik yang menarik.

10. Register BookSpreadsheet

Register BookSpreadsheet yang tersedia di seluler. Tampilannya sederhana namun enak dipandang. Cara penggunaannya juga simpel berkat input fungsinya yang mudah diterapkan oleh pemula. Tampilannya sederhana namun elegan. Fungsi utamanya adalah untuk pembukuan.

11. Wingz

Dibatasi untuk penggunaan non-komersial sehingga tidak dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan. Memiliki tampilan sederhana seperti Abacus.

12.LibreOffice Calc

Tampilannya terlihat seperti Excel versi lama. Alternatif dari Google Sheets karena memiliki fitur kolaboratif waktu nyata. Calc adalah program spreadsheet gratis yang selalu Anda butuhkan. Pendatang baru merasa intuitif dan mudah dipelajari, sementara penambang data profesional dan pengolah angka menghargai rangkaian lengkap fungsi lanjutan. Wizard bawaan memandu Anda dalam memilih dan menggunakan rangkaian lengkap fitur lanjutan. Atau Anda dapat mengunduh template dari repositori template LibreOffice, untuk solusi spreadsheet yang sudah jadi.

13. WPS Office Sheet

Tampilan dan pengalaman penggunaanya mirip dengan Ms. Excel, namun berbasis seluler. WPS Office tersedia di berbagai platform, termasuk Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS. Anda dapat bekerja kapan saja dan di mana saja di ponsel atau komputer Anda. Keseimbangan kerja-belajar-hidup bukan lagi mimpi yang dibuat-buat tetapi di ujung jari Anda.

14. Polaris Office

Tampilannya mirip dengan WPS Office Sheet, namun terdapat fitur komunikasi dengan rekan kerja sehingga cocok untuk berdiskusi. Polaris Office juga menyediakan fitur komunikasi di dalam aplikasinya agar kamu dan rekan-rekan bisa mendiskusikan dulu apa saja yang perlu direvisi sebelum dokumen dicetak ataupun dikirimkan ke client. Hasil spreadsheet dari Polaris Office ini juga bisa dibagikan ke beragam jenis layanan cloud, termasuk Polaris Drive yang merupakan layanan penyimpanan cloud besutan mereka sendiri.

15. Zoho Sheet

Tersedia di seluler dan memiliki fitur memindai gambar dan mengonversikannya ke dalam bentuk tabel. Zoho Projects menawarkan fungsionalitas pelacakan waktu yang meringkas kinerja proyek, menghitung waktu yang digunakan untuk mengerjakan tugas, mengekspor data lembar waktu dalam format yang diinginkan, dan mengirim faktur untuk pembayaran klien menggunakan Zoho Invoice atau Zoho Books.

16. Office Suite

Sama seperti WPS Office yang menawarkan sepaket perangkat lunak kantor. Namun aplikasi ini memiliki tampilan berbeda. Aplikasi office suite merupakan istilah untuk kumpulan berbagai program yang digunakan untuk mengolah data. Termasuk di antaranya mengedit dokumen, membuat tabel, menyusun presentasi, dll. Tanpa kita sadari, aplikasi ini biasanya menjadi salah satu program yang dipasang pertama kali saat punya komputer baru.

17. XESS

Spreadsheet ini dikembangkan oleh AIS. Sistem yang dapat mengoperasikannya adalah UNIX, Linux, Open VMS dan Windows.

XESS ialah aplikasi pengolah angka yang dibentuk oleh AIS dan bersifat multiplatform. XESS dikeluarkan dalam 2 versi, yaitu versi enterprise yang dibentuk untuk peggunaan ditingkat perusahaan dan versi Lite yang ditujukan untuk pengguna perorangan. Untuk pengguna ditingkat enterprise, XESS dikeluarkan dengan 3 macam pilihan.

18. OpenOffice Calc

Software ini juga bersifat open source dan multi platform. Kamu bisa memodifikasi spreadsheet-mu sesuai yang kamu inginkan. Kelebihan lainnya dari sofware ini adalah interface yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Software ini juga bersifat open source dan multi platform. Kamu bisa memodifikasi spreadsheet-mu sesuai yang kamu inginkan. Kelebihan lainnya dari sofware ini adalah interface yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Tampilan software-nya dipenuhi dengan menu-menu dan tombol tombol toolbar yang semakin memudahkan kamu. Selebihnya OpenOffice hampir sama dengan program Microsoft Excel.

19. SPREAD32

SPREAD32 merupakan alternatif Excel gratis lainnya untuk aplikasi pengolah angka. Aplikasi ini mencakup lebih dari 300 fungsi dalam matematika dan trigonometri, referensi, logika, teknik dan kategori keuangan dan bekerja dengan file spreadsheet dasar seperti XLS, CSV, dan PXL.

Ketika menganalisis atau mengatur sejumlah kecil data, spreadsheet gratis ini memungkinkan hampir semua fitur penting termasuk memfilter data, menyisipkan bagan dan menyiapkan sampai tiga pengaturan pemformatan bersyarat.

Jika pengguna harus melalui analisis data yang komprehensif, SPREAD32 tidak disarankan karena tidak mendukung bekerja dengan data dalam jumlah besar. Alternatif Excel ini memerlukan pengunduhan sebelum digunakan. Unduh SPREAD32.

20. Zoho Sheet

Masih mencari-cari aplikasi spreadsheet yang tepat untuk kamu? Nah, yang terakhir ini adalah Zoho Sheet, sebuah aplikasi spreadsheet mobile yang mampu membuat kegiatan mengolah angka yang tadinya kompleks menjadi cukup mudah sekalipun sedang tidak berada di kantor atau rumah.

Zoho Sheet bahkan memungkinkan penggunanya untuk memindai kertas yang berisikan tabel untuk kemudian diedit di aplikasi dengan mudah. Fitur yang cukup keren, bukan? Selain itu, ada asisten AI bernama Zia yang siap membantumu untuk merekomendasikan chart ataupun membuat Pivot Table bagi kamu yang seorang data analyst.

Itulah Ulasan mengenai Aplikasi Pengolah Angka Untuk PC Dan Android yang telah kabarsoloraya.com sampaikan.

Tetap enjoy dan semoga bermanfaat !!!

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …