20 Program Aplikasi Multimedia Berbasis Vektor Selain Coreldraw

Kabarsoloraya.com. 20 Program Aplikasi Multimedia Berbasis Vektor Selain Coreldraw. Software desain grafis (graphics design software) adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis pada komputer. Berikut ini penjelasan singkat tentang macam-macam software desain grafis

Apa itu software desain grafis?

Mengutip Computer Hope, software desain grafis adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis. Desain grafis adalah representasi visual ide dengan simbol, kata, dan gambar pada komputer. MelansirTech Radar, software desain grafis mengacu pada program atau kumpulan program yang memungkinkan untuk memanipulasi gambar atau model secara visual pada komputer.

Grafik komputer dapat diklasifikasikan menjadi kategori grafik raster dan grafik vektor, dengan varian 2D dan 3D. Ada program grafik yang berfokus pada grafik vektor atau raster saja. Ada yang bisa beroperasi pada keduanya. Yang perlu diperhatikan, mudah untuk mengubah grafik vektor ke grafik raster, tetapi sulit untuk melakukan sebaliknya. Saat ini banyak jenis software desain grafis, baik gratis maupun berbayar. Munculnya beragam perangkat lunak desain grafis ini sesuai kebutuhan dan preferensi pengguna yang berbeda.

Mengutip Finance Online, terdapat 20 jenis software desain grafis yang bagus digunakan.

20 Program Aplikasi Multimedia Berbasis Vektor Selain Coreldraw

1. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak desain grafis berbasis grafik vektor. Berfungsi untuk membuat desain situs web, logo merek, permainan video, dan cetak.

2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop untuk mengedit foto, citra (image), dan desain grafis. Berfungsi untuk mendesain website, poster, ikon, aplikasi ponsel, dan banner. Serta membuat ilustrasi, karya seni 3D, dan lukisan.

3. Adobe InDesign

Adobe InDesign biasanya untuk membuat desain dan layout halaman. Digunakan dalam pembuatan dan publikasi dokumen media cetak dan digital. Untuk merancang poster, brosur, alat tulis, selebaran, laporan, dan majalah. Contoh eBook, PDF, dan majalah digital.

4. Canva

Canva adalah platform yang mempermudah pembuatan desain grafis berkualitas profesional. Terdapat ribuan grafis, gambar, dan huruf. Berfungsi untuk membuat materi pemasaran, brosur perusahaan, flyer, undangan, sampul buku, presentasi dan lainnya.

5. GIMP

GIMP adalah perangkat lunak pengedit gambar gratis dan sumber terbuka. Memiliki banyak fitur untuk mengedit gambar dengan mudah dari foto sederhana menjadi karya seni.

6. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi pengeditan gambar berbasis web yang dapat dijalankan di browser dan sistem operasi apa pun. Aplikasi ringan dan menghabiskan sedikit memori bahkan di perangkat seluler. Berfungsi sebagai alat pengeditan foto. Terdapat template format multigambar, lebih dari dua juta filter, overlay, dan efek.

7. Inkscape

Inkscape adalah perangkat lunak desain grafis yang kaya fitur dan sumber terbuka serta gratis. Mampu membuat vektor dengan mudah dan memiliki beragam alat pengeditan vektor. Berfungsi untuk manipulasi aspek grafik, seperti bentuk, jalur, teks, klon, gradien, efek transparansi, dan lainnya. Dapat disimpan dalam format SVG, EPS, JPG, BMP, PNG, PostScript, atau TIP yang dapat diekspor ke format berbasis vektor.

8. Autodesk SketchBook

Perangkat lunak ini adalah aplikasi sketsa untuk seniman, desainer dan profesional kreatif. Terdapat alat gambar dan lukis yang mudah digunakan untuk membuat karya seni, desain visual, dan ilustrasi di desktop dan tablet.

9. Corel PaintShop Pro

Perangkat lunak pengeditan gambar ini mudah digunakan dan memiliki banyak fitur untuk menggambar, mengedit dan mengoreksi gambar.

10. Piktochart

Perangkat lunak desain grafis yang membantu membuat presentasi, infografis, laporan, dan poster yang dapat dicetak. Proses pembuatan cepat dan sederhana.

11. Photoshop Elements

Photoshop Elements adalah editor grafis untuk fotografer, editor gambar, dan penggemar. Ini berisi sebagian besar fitur versi profesional tetapi dengan opsi yang lebih sedikit dan lebih sederhana. Program ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, mengatur, dan berbagi gambar. Ini adalah penerus dari Adobe Photoshop (Edisi Terbatas).

12. Venngage

Pembuat infografis Venngage dan alat desain tumpukan penuh secara keseluruhan sangat cocok untuk non-desainer untuk membuat desain yang tampak profesional siap untuk dibagikan kepada dunia!

Pemasaran konten visual adalah pemasaran yang menggunakan grafik, fotografi, atau gambar yang mempromosikan perusahaan Anda. Visual pemasaran juga dapat mencakup video, gif, dan halaman arahan situs web atau buletin pemasaran. Venngage adalah solusi desain grafis untuk pemasaran yang memungkinkan individu untuk membuat grafik pemasaran, visual pemasaran, dan gambar pemasaran digital tanpa bantuan tim desain.

13. Gravit Designer

  • Gunakan aplikasi desktop kami secara offline sehingga Anda tidak perlu bergantung pada koneksi internet
  • Aplikasi Designer PRO Desktop tersedia untuk MacOS, Windows, Linux, dan ChromeOS
  •  

  • PENYIMPANAN AWAN TANPA BATAS

     

14. PhotoScape

PhotoScape adalah perangkat lunak pengedit foto yang menyenangkan dan mudah yang memungkinkan Anda memperbaiki dan menyempurnakan foto.

Perangkat lunak ini kompatibel dengan Microsoft Windows. (Microsoft Windows NT/2000/XP/Vista/7/8/10)
Jika Anda adalah pengguna Windows 98 atau Me, silakan gunakan PhotoScape 3.4
Jika Anda adalah pengguna Windows 10 atau Mac , silakan gunakan PhotoScape X

15. Autodesk 3ds Max

Perangkat lunak pemodelan, rendering, dan animasi 3ds Max® profesional 3ds Max® memungkinkan Anda menciptakan dunia yang luas dan desain premium.

16. Onshape

Onshape adalah sistem perangkat lunak desain berbantuan komputer, dikirimkan melalui Internet melalui perangkat lunak sebagai model layanan.

17. Xara Designer Pro

Xara Designer Pro + adalah program pengeditan gambar yang menggabungkan alat pengeditan foto dan ilustrasi vektor yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Inggris Xara. Xara Xtreme LX adalah versi open source awal untuk Linux.

18. SVG-edit

SVG-edit adalah editor grafis vektor gratis dan open-source berbasis web. Ini dapat digunakan untuk membuat dan mengedit gambar Scalable Vector Graphics dari dalam browser web, tidak memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan.

19. Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya.

20. Renderforest logo Maker

Itulah 20 Program Aplikasi Multimedia Berbasis Vektor Selain Coreldraw yang kabarsoloraya.com uraikan, semoga bermanfaat dan

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …