Ini Nih Manfaat Doa Allahumma Inni As Aluka Ilman Nafian Di Waktu Pagi

Kabarsoloraya.com. Ini Nih Manfaat Doa Allahumma Inni As Aluka Ilman Nafian di waktu pagi. Umat ​​Islam dianjurkan untuk menunaikan shalat secara rutin dalam setiap aktivitasnya karena manfaatnya yang luar biasa. Sholat adalah amalan untuk memperbanyak pahala dan meminta sesuatu dari Tuhan Yang Maha Esa.
Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa dan kemudian Dia menyediakan bagi mereka. Dalam hal ini, Allah SWT berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, pasti akan Aku kabulkan.” (QS. Al-Mumin: 60).
Di antara salat yang dilakukan oleh umat Islam adalah salat Subuh. Meskipun tidak lama, tetapi memiliki manfaat yang besar. Dengan membaca doa di pagi hari, pasti semuanya akan lancar dan berkah.

Nabi Muhammad sendiri terus membaca doa setiap pagi. Oleh karena itu, umat Islam juga harus mengikuti apa yang diajarkan Nabi. Lalu apa saja bacaan sholat subuh yang disabdakan Nabi? Simak uraian berikut ini.

Bacaan Doa di Pagi Hari

Mengutip buku Fiqih Doa dan Dzikir Jilid 2 oleh Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al Badr, berikut bacaan doa yang dapat dipanjatkan di pagi hari, tepatnya setelah sholat Subuh, sesuai ajaran Rasulullah SAW.
اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaa.
Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepada-Mu, ilmu yang bermanfaat, rizqi yang baik, dan amalan yang diterima. (HR. Ibnu Majah)
Membaca doa di atas di pagi hari setelah Subuh adalah waktu yang sangat tepat. Sebab, pagi merupakan permulaan hari di mana setiap Muslim berusaha meraih tujuan-tujuan mulia seperti yang telah di sebutkan di doa, yakni ilmu yang bermanfaat, rizqi yang baik, dan amalan yang diterima.

Dengan demikian, manfaat membaca doa di pagi hari tersebut ialah sebagai berikut:

1. Mendapat Ilmu yang Bermanfaat

Dalam Islam, setiap umatnya dituntut untuk menuntut ilmu. Hal ini karena ilmu yang bermanfaat sangat penting bagi kehidupan manusia. Bahkan, Allah SWT meninggikan derajat orang berilmu lebih dari orang mukmin.
Ilmu yang bermanfaat adalah amalan yang bersifat jarriyyah. Sehingga, kita tetap akan terus mendapat aliran pahala, hingga ketika kembali ke rahmatullah. Dengan membaca doa di tiap pagi, insyaAllah kita akan selalu mendapat ilmu yang bermanfaat.

2. Mendapat Rezeki yang Baik

Barangsiapa senantiasa membaca doa di pagi hari, akan mendapat rezeki yang baik (thayyib). Akan dibukakan baginya pintu rezeki yang seluas-luasnya, sebagai imbalan atas kerja kerasnya.
Dengan memulai membaca doa sebelum mencari rezeki, maka rezekinya akan mengandung berkah dan dijauhkan dari mudharat. Maka dari itu, kehalalan dalam mencari rezeki juga harus diperhatikan, agar tidak mendatangkan malapetaka.

3. Diterimanya Amalan

Amalan yang banyak tidaklah berguna jika tidak diterima oleh Allah SWT. Maka dari itu, dengan membaca doa di pagi hari terlebih dahulu, dapat menjadi suatu usaha agar amalan dapat diterima.

About Editorial Staff

Check Also

Hewan Polinator Yang Berperan Dalam Proses Penyerbukan Tanaman

Hewan Polinator Yang Berperan Dalam Proses Penyerbukan Tanaman

Kabarsoloraya.com. Hewan Polinator Yang Berperan Dalam Proses Penyerbukan Tanaman. Penyerbukan melibatkan pengangkutan serbuk sari dari …