Mesin Nikuba Ciptaan Aryanto: Air Sebagai Bahan Bakar Motor 1 Tetes Tempuh 50 Km

Aryanto asal Cirebon menamai mesin itu Nikuba atau dalam bahasa Cirebon Niku Banyu (Itu Air). Ia kemudian memasang mesin ciptaannya pada salah satu unit motor dinas koramil Lemahabang.

Itu adalah merupakan awal dari pemasangan mesin Nikuba pada 30 unit sepeda motor milik Kodam III Siliwangi.

“Ini ujicoba untuk Koramil setempat, karena saya kan warga Lemahabang, agar Koramil Lemahabang tau, karena Kodam III Siliwangi sudah pasang,” kata Aryanto di bilangan Lemahabang Cirebon, Sabtu (23/4).

Saat disinggung, mekanisme kerja mesin Nikuba, Aryanto mengatakan bahan bakar seratus persen air sebagai pengganti bensin, dimana H2O air yang sudah dimurnikan dikonversi menjadi Hidrogen (H) dan Oksigen (O), hidrogen ini yang masuk ruang bakar dalam mesin motor.

“Untuk satu liter setengah air dalam mesin Nikuba mampu menempuh perjalanan sejauh 500 kilometer, adapun air dapat menggunakan Aquades atau air amidis yang sudah tidak mengandung logam berat,” katanya.

Aryanto mengklaim alat atau mesin penemuannya diminta untuk  dipamerkan di KTT G 20 di Bali  dan Nikuba sendiri belum dipasarkan untuk umum, karena sedang menunggu hak paten serta masih dalam pengujian Litbang atau badan yang menangani produk semacamnya.

Selain itu, Aryanto mengaku untuk merampungkan mesin penemuannya tersebut, membutuhkan  6 tahun berikut penyempurnaan dan risetnya sendiri menelan biaya yang tidak sedikit, yaitu seharga  3 unit sepeda motor.

“Jadi untuk Nikuba ini harganya sekitar 4,5 juta per unitnya,” ungkapnya.

Alat pengubah air menjadi energi ini diberi nama Nikuba singkatan dari Niku Banyu (Itu Air).

“Kami mencobakan (Nikuba Hidrogen) ke motor Babinsa Kodam III Siliwangi. Dua bulan ini, semua motor Nikuba terbukti tokcer menggunakan bahan bakar air, hidrogen,” tulis akun, @nikubahidrogen.

Dilihat dari penjelasan perhitungannya, pengalihan bertenaga air ini memungkinkan mesin menempuh jarak 45-50 kilometer per tetes air. Kemudian untuk satu liter air ia diduga mampu membuat sepeda motor menempuh jarak Cirebon-Semarang bolak-balik.

Cara kerja Nikuba memisahkan hidrogen dan oksigen dalam air melalui proses elektrolisis. Hidrogen yang dihasilkan mengalir ke ruang bakar mesin sebagai bahan bakar.

Kemudian oksigen berubah menjadi hidrogen dan juga mengalir ke ruang bakar mesin.

Air yang digunakan di Nicoba ini bukanlah air biasa. Air tidak boleh mengandung logam berat. Pada saat yang sama, perangkat air-ke-energi direncanakan akan diproduksi 10 ribu unit.

About Editorial Staff

Check Also

Pantau Kemacetan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran Dengan 3 Aplikasi Ini

Pantau Kemacetan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran Dengan 3 Aplikasi Ini

kabarsoloraya.com.–Saat mudik Lebaran, lalu lintas kendaraan biasanya meningkat di beberapa ruas jalan. Orang-orang berduyun-duyun ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published.