Jenis Pekerjaan Yang Terkait Dengan Kegiatan Ekonomi Di lingkungan Tempat Tinggal Kita

Jenis Pekerjaan Yang Terkait Dengan Kegiatan Ekonomi Di lingkungan Tempat Tinggal Kita

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 2. Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Subtema 1 berjudul Lingkungan Tempat Tinggalku, bagian dari Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggal kita adalah: (1) Kegiatan produksi contohnya petani, peternak, dan perajin. (2)  Kegiatan distribusi, pedagang, kuli angkut, jasa pengiriman barang, dan sopir. (3) Kegiatan konsumsi, contohnya petani, nelayan, pelukis, guru dan lain sebagainya.

Kegiatan ekonomi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan manusia dengan tujuan mendapatkan suatu barang atau jasa untuk mencapai kesejahteraan dan kepuasan hidupnya. Terdapat macam-macam kegiatan ekonomi antara lain:

  • Kegiatan produksi  

Kegiatan produksi merupakan suatu kegiatan menghasilkan barang atau jasa untuk mencapai kemakmuran hidupnya. Tujuan kegiatan produksi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sedangkan tujuan dari pihak produsen adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan. Contoh dari kegiatan produksi ini ialah: membuat sepatu, kue, motor, mobil dan lain sebagainya. Atau seperti menawarkan jasa sedot wc, pangkas rambut, jasa kebun, dan lain-lain.

  • Kegiatan Distribusi

Kegiatan distroibusi adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen yang akan membeli produk atau jasa tertesbut. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor. Contoh dari kegiatan distribusi adalah agen surat kabar, agen tenaga kerja, agen yang menjual makanan dan  sebagainya.

  • Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia memakai atau menggunakan serta menghabiskan suatu produk atau jasa yang diproduksi oleh produsen. Tujuan kegiatan konsumsi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kemakmuran hidupnya. Contoh kegiatan ini adalah Kita membeli pakaian model terbaru di toko atau di pasar.

4 peran pelaku ekonomi yaitu :

  1. Rumah Tangga Konsumen adalah rumah tangga yang memiliki fungsi untuk membeli produk yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen sekaligus pemilik faktor-faktor produksi.
  2. Rumah Tangga Produsen adalah rumah tangga yang bertugas menghasilkan barang dan jasa.
  3. Rumah Tangga Pemerintah yaitu rumah tangga yang bertugas untuk mengatur regulasi serta memungut pajak baik dari rumah tangga konsumen maupun rumah tangga produsen.
  4. Masyarakat Luar negeri adalah masyarakat yang berinteraksi dalam kegiatan perdagangan internasional.

Penjelasan:

Dalam kegiatan ekonomi 4 sektor, setidaknya harus ada 4 pelaku ekonomi dalam kegiatan perekonomian tersebut, yaitu rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, rumah tangga pemerintah dan masyarakat luar negeri, dari keempat pelaku ekonomi ini terjadilah perputaran uang, barang dan jasa.