3 Cara Memperbaiki Mobil Penyok Tanpa Pengecatan, Bisa Dikerjakan Sendiri

Kabarsoloraya.com. 3 Cara Memperbaiki Mobil Penyok Tanpa Pengecatan, Bisa Dikerjakan Sendiri. Apakah mobil penyok bisa diperbaiki? Tentu saja bisa, mulai dari kerusakan ringan, sedang sampai berat. Bila kerusakan tergolong ringan, kamu bisa mengatasinya bila tahu cara memperbaiki mobil penyok. Tentunya ini akan menghemat pengeluaran kamu, belum lagi harus mengantri berjam-jam bila bengkel sedang ramai. Ada baiknya mengetahui biaya perbaikan mobil penyok di bengkel resmi.

Mobil lecet dan penyok menjadi masalah umum yang kerap dihadapi pemilik kendaraan bermotor roda empat. Sebagian mereka tidak langsung membawa ke bengkel karena beragam alasan.

Selain membutuhkan waktu, prosesnya juga terkadang memakan biaya yang tak sedikit. Sementara, jika dibiarkan, kerusakan lecet hingga penyok dapat menyebabkan kerusakan besar dan berdampak pada biaya perbaikan yang semakin tinggi. Sebut saja pengecatan ulang, dempul yang tebal, serta perbaikan lainnya yang memakan waktu serta biaya ekstra.

Padahal sekarang ini kerusakan mobil, lecet atau penyok dapat diatasi dengan cara mudah. Pimpinan Bengkel Tekno, Ferdian Halim menjelaskan, di industri body repair, paintless dent removal (PDR) sangat membantu jika mengalami penyok kecil tanpa mengeluarkan biaya cat ulang.

Paint-less Dent Removal (PDR) merupakan perbaikan bodi kendaraan yang tidak membutuhkan pengecetan ulang. Tidak seperti ketok magic yang harus didempul dan melakukan cat ulang.

“Keuntungan dari PDR yaitu perbaikan penyok mobil tanpa pengecetan ulang. Selain itu melakukan PDR bisa menghemat waktu dibanding pengerjaan di ketok magic yang bisa 2-3 hari.

Cara memperbaiki mobil penyok sendiri

Banyak orang akhirnya mencari tahu cara memperbaiki body mobil penyok untuk bisa meminimalisir pengeluaran perawatan mobil kesayangan.

Sah-sah saja sebab ternyata bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan penyok pada mobil cukup mudah ditemukan di sekitar kita.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara membetulkan mobil penyok dengan bahan-bahan alami.

1. Mengatasi mobil penyok menggunakan hair dryer dan cairan karbondioksida

Cara memperbaiki mobil penyok tanpa pengecatan yang pertama adalah dengan menggunakan hair dryer dan cairan karbondioksida sebagai bahan utama. Cara yang satu ini memanfaatkan perpindahan suhu yang drastis secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin.

Saat bagian mobil yang melengkung tersebut terkena perpindahan suhu yang drastis tersebut dalam waktu singkat maka ada hentakan daya dorong secara alami.

Untuk diketahui bahwa hair dryer yang bisa memberikan suhu panas dalam waktu singkat bila ditempelkan oleh karbondioksida yang ampuh menurunkan suhu dengan cepat hingga sekitar minus 109 derajat celcius.

Perpindahan suhu tersebut yang kita manfaatkan untuk mengembalikan body mobil seperti semula.

Berikut ini cara memperbaiki mobil penyok menggunakan hair dryer dan cairan karbondioksida yang bisa didapatkan di toko-toko kimia.

  • Pertama, arahkan hair dryer ke arah body mobil yang penyok dan nyalakan hair dryer tersebut.
  • Tunggu hingga body mobil tersebut benar-benar mendapatkan suhu yang cukup panas.
  • Umumnya, pada penyok mobil yang cukup parah akan memakan waktu selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.
  • Bila sudah, semprotkan cairan karbondioksida pada bagian penyok yang sudah dipanaskan.
  • Terakhir, beri tekanan pada bagian yang penyok tersebut hingga kembali ke bentuk semula.

2. Menghilangkan penyok pada mobil menggunakan air panas

Sama seperti cara memperbaiki mobil penyok sebelumnya yang memanfaatkan suhu. Kali ini kita akan memanfaatkan air panas sebagai media penghantar panas pada bagian body mobil yang penyok.

Sesuai dengan hukum fisika yang dipelajari saat berbeda di bangku sekolah dulu, di mana dengan memanfaatkan air panas akan dengan mudah menarik bagian body mobil yang masuk ke dalam akibat benturan hingga kembali ke keadaan semula.

Bahkan, cara mengatasi penyok mobil ini bisa dilakukan saat bemper penyok. Sekalipun bumper mobil kita memiliki sensor parking belakang, tetapi cara ini tetap ampuh diterapkan.

Meskipun begitu, yang perlu diingat adalah jenis bumper yang bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan penyok pada mobil adalah bahan plastik atau serat karbon.

Berikut ini adalah langkah untuk mengatasi penyok pada mobil.

  • Pastikan air panas sudah tersedia dan dituang ke dalam wadah seperti ceret atau teko.
  • Lalu siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut pada bagian mobil yang penyok berbentuk cekung tersebut.
  • Ambil kain lalu selimuti bagian body mobil penyok yang telah disiram air panas, berikan tekanan di bagian body mobil yang penyok.
  • Saat suhu berubah menjadi sedikit lebih hangat, maka kita bisa mendorong bagian body mobil yang penyok tersebut dari dalam ke luar secara perlahan.
  • Beri tekanan yang tidak terlalu lembut tetapi tidak terlalu keras. Sebab, bila tekanan yang diberikan terlalu keras maka berpotensi memperparah keadaan penyok tersebut hingga pecah.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa mengulangi langkah tersebut beberapa kali sampai mendapatkan bentuk body mobil yang sempurna.

3. Cara memperbaiki mobil penyok menggunakan pops a dent

Mengingat cara menghilangkan penyok di pintu mobil, body, dan bumper yang sudah dijabarkan sebelumnya berpotensi menciptakan karat pada mobil faktor suhu panas yang terlalu tinggi hingga mengubah warna cat mobil yang terlihat semakin memudar nantinya.

Cara memperbaiki mobil penyok selanjutnya tidak memanfaatkan perpindahan dan suhu panas yakni menggunakan produk Pops A Dent yang berfungsi sebagai jembatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menghilangkan penyok pada mobil menggunakan Pops A Dent.

  • Beli Pops A Dent yang berbentuk pad lem dengan ukuran yang sesuai dengan besarnya penyok pada mobil.
  • Lalu, panaskan glue stick selama kurang lebih lima menit.
  • Setelah itu biarkan lem tersebut mengering selama kurang lebih 3 sampai 5 menit dan pastikan bahwa lem tersebut sudah benar-benar lengket.
  • Ingat, jangan sampai membiarkan lem menempel pada body mobil selama lebih dari delapan menit
  • Bila belum terlihat hasilnya, kita bisa mengulangi langkah-langkahnya kembali hingga mendapatkan hasil yang sempurna.

Catatan, apabila penyok pada mobil cukup besar maka disarankan untuk menggunakan alat ini secara rotasi sesuai arah jarum jam.

Selain itu, perlu digarisbawahi bahwa untuk menghilangkan penyok pada mobil menggunakan Pops A Dent hanya berlaku pada mobil yang masih menggunakan cat body mobil bawaan pabrik asli.

Keuntungan menggunakan produk Pops A Dent adalah cara ini diklaim sebagai cara termudah untuk menghilangkan penyok mobil karena hanya cukup merekatkan dan memutar saja. Bukan hanya penyok yang cukup berat saja melainkan mampu menghilangkan penyok kecil pada mobil.

Tidak akan merusak cat mobil apabila mobil kita masih menggunakan cat mobil bawaan pabrik asli dan kita jadi bisa lebih menghemat biaya perawatan mobil.

Cara memperbaiki mobil penyok kecil

Lain halnya dengan cara mengatasi penyok kecil pada mobil. Ketimbang membawanya ke bengkel mobil dan mengeluarkan sejumlah biaya yang ternyata tidak sedikit padahal penyoknya saja kecil. Apabila ingin mencoba menghilangkan penyok kecil pada mobil sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

1. Cara memperbaiki mobil penyok kecil menggunakan es batu

Cara menghilangkan penyok kecil pada mobil yang pertama adalah menggunakan bahan utama es batu. Siapkan juga hair dryer dan kompresor angin sebagai bahan pembantunya. Berikut ini cara mengatasi penyok kecil pada mobil menggunakan es batu.

  • Tempelkan es batu pada bagian mobil yang penyok lalu biarkan selama kurang lebih dua menit.
  • Saat muncul butiran-butiran seperti salju yang mengitari bagian mobil yang penyok tersebut, segera lepaskan es batu.
  • Lalu, gunakan hair dryer untuk menghilangkan penyok kecil pada mobil tersebut hingga benar-benar hilang.
  • Sekali diingatkan bahwa cara mengatasi penyok pada mobil ini hanya ampuh bila digunakan pada penyok mobil yang tidak terlalu parah alias penyok kecil pada mobil.

2. Cara memperbaiki mobil penyok kecil menggunakan air panas dan penyedot wastafel

Cara untuk mengatasi penyok kecil pada mobil yang kedua adalah dengan memanfaatkan air panas dan penyedot wastafel. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yakni air panas yang sudah tersimpan di dalam wadah seperti teko dan ceret serta alat sedot wastafel atau WC berdaya tarik tinggi.
  • Siram air panas di bagian penyok mobil.
  • Segera sedot bagian penyok yang sudah disiram air panas tersebut menggunakan sedot WC. Dorong dari dalam hingga permukaan kembali seperti semula.

Perlu diingat bahwa cara menghilangkan penyok pada mobil ini dapat ampuh pada penyok kecil dengan bumper mobil yang terbuat dari plastik atau serat karbon yang mudah lunak bila terkena panas.

Kendati demikian, efek samping dari cara ini adalah mungkin saja cat mobil bagian bumper akan terkelupas karena terlalu sering terkena air panas.

Biaya perbaikan mobil penyok di bengkel

Menghilangkan penyok pada mobil dengan bahan-bahan di atas tidak menjamin 100 persen akan kembali ke kondisi semula.

Untuk itu, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk diperbaiki. Berikut estimasi biayanya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Biaya perbaikan mobil penyok di bengkel resmi

Pada dasarnya, biaya perbaikan mobil penyok di bengkel resmi akan lebih mahal. Misalnya saja di bengkel Auto 2000 untuk memperbaiki penyok mobil Toyota Avanza dibutuhkan uang sebesar Rp800 ribu per panel.

Adapun di dealer resmi Toyota untuk mobil Innova sebesar Rp900 ribu per panel. Biaya yang dibutuhkan tentu akan berbeda tergantung kebijakan harga perbaikan per panelnya.

Biaya perbaikan mobil penyok di Ketok Magic

Untuk mendapatkan tarif yang lebih miring, biasanya kita akan lari ke bengkel Ketok Magic. Di Jakarta sendiri biaya untuk menghilangkan penyok pada body mobil sampai pintu mobil memakan biaya sekitar Rp200 ribu hingga Rp800 ribu per panel.

Biaya perbaikan tersebut umumnya sudah termasuk biaya jasa pengecatan.

Biaya perbaikan mobil penyok di bengkel khusus body repair

Sementara itu, estimasi biaya perbaikan mobil penyok di bengkel khusus body repair ditaksir mencapai Rp500 ribuan. Misalnya saja di Bengkel Auto 81, Kedoya, Jakarta.

Untuk memperbaiki panel pintu, side skirtspakbor atau fenderbumper hingga spoiler atau wing memakan biaya sebesar Rp350 ribu per panel. Sedangkan di Dokter Body Mobil, Citayam, Depok bisa mencapai Rp400 ribu sampai Rp500 ribu per panel yang berukuran kecil.

Sementara itu, untuk biaya pengecatan sendiri pun berbeda antara cat polyurethane dan acrylic lacquer. Untuk jenis cat polyurethane memakan biaya Rp300 ribu sampai Rp600 ribu per panel sedangkan cat acrylic lacquer memakan biaya mulai dari Rp350 ribu sampai Rp650 ribu per panel.

Biaya perbaikan mobil penyok di bengkel menggunakan teknik PDR

Teknik PDR atau Paintless Dent Removal yang digadang-gadang ampuh menghilangkan penyok pada mobil bisa kita dapatkan di bengkel mobil dengan biaya perbaikan sebesar Rp100 ribu untuk kasus penyok kecil pada mobil.

Adapun penyok bertaraf sedang memakan biaya sebesar Rp200 ribu dan kasus penyok bertaraf berat akan memakan biaya sebesar Rp300 ribu. Biaya ini dihitung mulai dari titik penyok dan tingkat kerusakan yang dilihat dari dimensi, posisi, dan kondisinya.

About Editorial Staff

Check Also

11 Penyebab Mobil Brebet Saat Jalan

11 Penyebab Mobil Brebet Saat Jalan

Kabarsoloraya.com. 11 Penyebab Mobil Brebet Saat Jalan. Sistem injeksi sebenarnya sudah menggunakan komputer untuk menghitung …