5 Tips Mengatasi Kecanduan pada anak
images source : freepik.com

5 Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada anak

 

KabarSoloraya– Ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak melalui alat yang disebut gadget. Dimulai dari bagaimana cara berekspresi hingga cara membuat macam-macam kegiatan. Alat ini juga bisa menjadi sarana mainan dan hiburan bagi anak karena terdapat beragam game yang bisa dimainkan.

Happiness of a muslim family together when using a smartphone Premium Photo
images source: freepik.com

Akan tetapi jika terlalu sering bermain game atau melihat tayangan tanpa ada pengawasan orang tua maka anak bisa kecanduan bermain gadget. Dalam hal tersebut ada beberapa cara untuk mengatasi anak kecanduan gadget.

Berikut 5 tips menghindari kecanduan gadget pada anak :

1. Memberikan jadwal kegiatan kepada anak

Jadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget. Di luar itu, orang tua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi. Misalnya bisa bermain gadget 2 jam sehari setelah belajar atau pulang sekolah dan boleh bermain gadget 2 jam pada pagi  dan 2 jam lagi disore hari pada saat libur sekolah.

2. Batasi dan awasi penggunaan gadget pada anak

Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, waktu mengakses gadget harus dibatasi. Kita bisa memberi waktu 1–2 jam dalam sehari untuk anak menggunakan gadget. Selain itu, awasi juga anak saat bermain gadget, supaya ia tidak mengakses konten pornografi atau kekerasan. Arahkan penggunaan gadget kepada yang bersifat edukatif dengan melihat tutorial video atau sejenisnya. Penekanan bahwa kegiatan bersosialisasi dan kegiatan ibadah harus lebih sering disampaikan kepada anak.

3. Memberi tahu anak bahaya menggunakan gadget terlalu lama

Kita bisa membahas mengenai risiko terjadinya obesitas atau sakit mata jika anak lebih sering duduk bermain gadget dan jarang bermain ke luar rumah. Selain itu, jelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah bahwa gadget dan internet bisa menjadi tempat yang berbahaya untuknya, apalagi jika anak juga bermain di media sosial.

4. Menetapkan wilayah bebas gadget di rumah

Kita bisa menetapkan tempat-tempat bebas gadget di dalam rumah, misalnya, ruang makan, ruang keluarga, atau kamar tidur. Artinya, ketika berada di dalam ruangan ini, siapa pun tidak boleh menggunakan gadget.

5. Membuat aktivitas menyenangkan bersama anak

Buatlah aktivitas menyenangkan agar pikiran anak teralihkan dari gadget. Kita bisa mengajak anak untuk bersepeda atau lari pagi, memasak bersama, menggambar atau mewarnai bersama, atau berkebun di pekarangan rumah. Selain bisa meningkatkan hubungan yang berkualitas didalam keluarga juga bisa memberikan pendidikan kepada anak secara nyata.