6 Aplikasi Terbaik Untuk Melihat Planet Dan Melihat Fenomena di Antariksa

Kabarsoloraya.com. 6 Aplikasi Terbaik Untuk Melihat Planet Dan Melihat Fenomena di Antariksa. Berdasarkan laman Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena planet sejajar bisa disaksikan secara kasat mata atau bisa dilihat tanpa alat bantu. Bulan sabit bakal terlihat di antara Venus dan Mars.

Namun, perlu dipastikan untuk memilih tempat dengan pemandangan cakrawala timur dan selatan yang tidak terhalang. Dengan begitu, bisa menyaksikan fenomena planet sejajar dan bulan dengan jelas.

Namun untuk saat ini untuk melihat planet di antariksa kamu bisa dibantu dengan aplikasi yang dapat didownload di smartphone kamu.

Berikut kabarsoloraya.com uraikan tentang aplikasi apa saja yang bisa disematkan di smartphone kamu untuk memantau dunia antariksa.

6 Aplikasi Terbaik Untuk Melihat Planet

1. NASA

Aplikasi resmi NASA ini dapat diunduh di gadget iOS atau Android. Kamu bisa melihat perpustakaan foto dengan ribuan gambar yang terus diperbarui dan menonton langsung NASA TV. Selain itu, aplikasi ini memiliki video sesuai permintaan dari seluruh agensi dan streaming langsung dari eksperimen Pengamatan Bumi Definisi Tinggi di ISS. Aplikasi ini juga memberi kamu informasi tentang misi NASA, informasi peluncuran, penampakan mendatang, berita, dan tweet dari agensi.

2. Skyview

Untuk menggunakan Skyview, kamu hanya perlu mengarahkan ponsel ke langit. Lalu, kamu dapat mulai mengidentifikasi galaksi, bintang, konstelasi, planet, bahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Aplikasi ini memiliki mode malam dan fitur AR. Selain itu, ada fitur Sky Path yang memungkinkan kamu melacak objek di luar angkasa untuk melihat lokasi yang tepat pada tanggal dan waktu apa pun. Selain itu, Skyview memiliki opsi perjalanan waktu untuk mengamati seperti apa langit di masa lalu dan proyeksinya di masa yang akan datang.

3. Sky Map

Sky Map adalah aplikasi untuk melihat rasi bintang paling populer di Play Store, aplikasi ini sudah di-download sebanyak 50 juta kali dan mendapatkan rating 4.2 dari 500 ribu ulasan. Kelebihan Sky Map dari aplikasi lainnya adalah memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu 4MB, aplikasi ini sangat ringan dan bisa dijalankan di semua perangkat Android. Meskipun sangat ringan, aplikasi ini memberikan fitur yang sangat lengkap.

Kamu bisa melihat semua yang ada di langit secara real time, hanya perlu mengarah smartphone ke atas, kamu bisa mengetahui nama dari setiap benda langit yang kamu lihat. Aplikasi ini juga punya fitur time travel, kamu bisa menyelusuri posisi rasi bintang di masa lalu atau waktu yang akan datang.

4. SkEye Planetarium

SkEye merupakan planetarium yang dapat digunakan sebagai panduan pushto untuk teleskop. Dengan aplikasi ini kamu dapat   mengidentifikasi bintang, planet, dan rasi bintang. Selain itu, kamu juga bisa melihat hujan meteor, komet terang, dan objek langit dari katalog Messier dan NGC.

5. Solar System Scope

Aplikasi Solar System Scope merupakan  aplikasi yang digunakan untuk melihat rasi bintang dan dilengkapi dengan fitur ensiklopedia 3D. Di mana kamu bisa mengetahui fakta menarik tentang setiap planet, galaksi, dan lainnya menggunakan  visualisasi 3D yang realistis. Ensiklopedia ini tersedia dalam 19 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Selain itu, kamu bisa melihat pemandangan langit malam dari lokasi manapun yang ada di Bumi. Sekaligus bisa mensimulasikan langit malam pada masa lalu atau masa mendatang.

6. SkySafari – Astronomy App

Sebaga pungkasan untuk kamu yang menyukai astronomi, aplikasi SkySafari juga tidak boleh kamu lewatkan. Di sini kamu bisa menstimulasikan hujan meteor. Bahkan ada fitur mode orbit. Fitur yang bisa memvisualisasikan bagaimana kamu terbang dari bumi menggunakan pesawat luar angkasa untuk dapat melintasi tata surya.

Demikian uraian tentang 6 Aplikasi Terbaik Untuk Melihat Planet Dan Melihat Fenomena di Antariksa hanya dengan menggunakan smartphone. Gunakan aplikasi terbaik ini sebagai media pendidikan untuk diri sendiri dan juga orang sekitar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Editorial Staff

Check Also

6 Cara Membobol WiFi Bisa Dikerjakan Melalui HP Android Dan iPhone

6 Cara Membobol WiFi Bisa Dikerjakan Melalui HP Android Dan iPhone

Jaringan Wifi saat ini memang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai macam fasilitas publik, kantor, …