6 Tips menghindari Modus Penipuan WhatsApp

kabarsoloraya.com– Penipuan yang dilakukan lewat pesan WhatsApp marak terjadi. Modusnya pun bermacam macam, mulai dari phising, minta kode OTP, kedok menang undian, sampai mengaku-ngaku sebagai orang yang dikenal.

Untuk itu, pengguna perlu mengetahui tips hindari penipuan WhatsApp berikut agar tak terkecoh dan jadi korban modus kejahatan selanjutnya.

Cara Instal dan Buka Dua Akun WhatsApp (WA) di Satu Perangkat

1. Perhatikan gaya bahasa ketikan

Modus penipuan bisa berkedok berpura-pura menjadi teman atau memberikan kejutan menang undian dan hal tidak rasional lainnya

Jika si pengirim  tersebut mengaku sebagai orang yang kita kenal dan meminta sejumlah uang, perhatikan terlebih dahulu gaya bahasa yang dipakai pelaku pada pesannya.

Sering kali penipu juga menggunakan ejaan atau tata bahasa yang aneh dan typo. Kita juga bisa melakukan konfirmasi ke orang yang bersangkutan melalui media sosial lainnya untuk memastikan kebenarannya.

2. Batasi pengguna yang bisa melihat profil

Cara menghindari penipuan WhatsApp selanjutnya adalah dengan membatasi siapa yang dapat melihat foto profil maupun status.

Untuk mengatur pengguna tertentu yang dapat melihat kontak, ketuk menu Setelan > Akun > Privasi > pilih opsi ‘Kontak Saya’ pada menu Terakhir Dilihat (last seen)

3. Cek nomor WhatsApplewat Get Contact

 

Ketika menerima pesan WhatsApp mencurigakan, anda dapat melacak nomor pengirimnya melalui aplikasi Get Contact. Aplikasi ini bisa membantu menunjukkan nomor tersebut adalah milik penipu atau bukan.

Melalui aplikasi Get Contact, akan ditampilkan daftar nama yang diberikan orang-orang pada nomor tersebut. Apabila banyak yang menamai “Penipu” atau sejenisnya, maka sudah dipastikan nomor tersebut penipu.

Selain itu, anda juga bisa melihat skor kepercayaan nomor tersebut di aplikasi Get Contact.

4. Aktifkan verifikasi dua langkah

 

Tips terhindar dari penipuan WhatsApp yakni dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah.
Fitur verifikasi dua langkah merupakan proteksi tambahan yang bertujuan agar akun WhatsApp anda tidak berpindah ke tangan peretas.

Ketika melakukan aktivasi two-step verification, pengguna WhatsApp akan diminta memasukkan enam digit PIN rahasia yang berfungsi sebagai pengaman jika ada orang yang ingin mencoba merebut akun WhatsApp anda.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Buka menu ‘Pengaturan’ lalu pilih opsi ‘Akun’ kemudian pilih opsi ‘Verifikasi Dua Langkah’ dan tinggal ikuti instruksi selanjutnya.

5. Selalu log out WhatsApp Web

 

Karena kemudahannya, menggunakan WhatsApp web di jaringan umum atau wifi public membuat rentan terkena hack.

Sebisa mungkin hindari menggunakan wifi publik untuk membuka WhatsApp web, dan selalu ingat untuk log out akun setelah selesai menggunakan WhatsApp Web.

6. Blokir dan laporkan nomor tidak dikenal

 

Jika menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal dengan isi pesan yang mengganggu, terlebih memberikan link mencurigakan yang meminta anda untuk membukanya, anda tak perlu membalas apalagi mengeklik link tersebut.

Sebab ada kemungkinan link atau tautan tersebut menjebak pengguna seperti kasus phising yang banyak terjadi. Anda bisa langsung melaporkan dan blokir nomor tersebut.

Cara menghindari penipuan WhatsApp dengan melaporkan dan blokir nomor cukup mudah. Ketuk ‘Nama Kontak atau Nomor Pengguna’ lalu pilih opsi ‘Blok Kontak’ kemudian pilih opsi ‘Laporkan Spam dan Blok’.

About Editorial Staff

Check Also

Cara Mute Seseorang Saat Group WA Calls Atau Panggilan Group Berlangsung

Terbaru !! Cara Mute Seseorang Saat Group WA Calls Atau Panggilan Group Berlangsung

Kabarsoloraya.com. Cara mudah mute seseorang saat group WA calls atau panggilan grup berlangsung. Caranya sangat …