Peluang Usaha Franchise dibawah 5 juta di 2022

kabarsoloraya.com-Mendapatkan laba atau keuntumngan bisa dilakukan dengan membuka usaha mikro atau UMKM, berikut ini ada beberapa peluang usaha yang belum banyak pesaing Maret 2022. Bisnis franchise apa saja dengan modal di bawah Rp 5 juta.

Sebelum ke masuk daftar usaha kecil dan menengah yang bisa dicoba, kita perlu pahami dulu apa itu sistem yang disebut bisnis franchise.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), franchise atau waralaba adalah kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.

Dalam sumber yang sama, franchise atau waralaba juga diartikan sebagai adanya hak kelola dan hak pemasaran dan distribusi sebuah atau berbagai komoditas.

Sistem bisnis franchise bisa dicontohkan dengan produk luar negeri atau nasional yang memberikan lisensi hak pemasaran ke pengusaha lokal seperti perusahaan Kentucky Fried Chicken (KFC), Coca Cola, Dunkin Donat, dan Pertamina kepada SPBU.

Pihak yang melakukan bisnis franchise dikenal sebagai franchisor atau dalam bahasa Indonesia disebut pewaralaba.

Keuntungan dari waralaba adalah adanya bagi keuntungan sekaligus mengurangi risiko usaha. Artinya, risiko usaha juga akan dibagi dengan pemilik paten komoditas.

Bagi pemberi hak pemasaran komoditas, sistem franchise bisa membuat barang yang dipasarkan lebih mudah dikenal dan mampu menciptakan perluasan dan ekspansi usaha dengan mudah, murah, dan cepat.

Pihak yang membeli hak kelola komoditas orang lain tak perlu lagi memulai usaha dari nol. Pasalnya, pihak yang memberi franchise akan membantu bisnis dari awal.

Pemberi waralaba dipastikan telah mempunyai SOP bisnis yang akan dibagikan serta akan memastikan pengembangan produk.

Contoh beberapa usaha waralaba

 

1. Usaha jual Sembako

 

Toko Sembako mini dengan harga grosir kini masih banyak dibutuhkan di sejumlah titik pinggiran kota. Dengan modal Rp 5 juta, kita bisa membukanya di sekitar perumahan tempat tinggal.

Bahkan, rumah kita bisa jadi lokasi jual-beli sembako jika memungkinkan. Kalau toko sembako di rumah sudah berkembang, kita bisa berpikiran untuk membuka cabang dengan sistem franchise tempat lain.

 

2. Usaha catering rumahan 

 

Dengan modal Rp 5 juta bisa dilakukan dengan usaha catering rumahan yang sehat.Hanya perlu melatih diri selain pandai mengolah masakan, juga mengetahui menu sehat untuk kalangan tertentu.

 

Sejumlah usaha catering rumahan sudah banyak dibuka. Namun, belum banyak yang membuka menu sehat untuk diet kesehatan tubuh dengan sejumlah layanan pengantaran.

 

 

3. Usaha laundry kiloan

 

Usaha dengan modal Rp 5 juta berikutnya adalah membuka laundry kiloan. Kita bisa membuka dari rumah dengan memakai mesin cuci baru atau milik pribadi.

Dengan layanan jemput bola dan memberi diskon di hari-hari tertentu bisa jadi cara agar usaha UMKM ini bisa yang pertama dilirik oleh pelanggan di tengah persaingan.

 

4. Usaha menjahitusaha konveksi rumahan

Terus mengetahui trend kekinian dan melakukan pelayanan maksimal jemput bola ke rumah pelanggan bisa jadi pilihan agar usaha menjahit dilirik oleh pelanggan.

Demikian beberapa pilihan usaha UMKM dengan modal di bawah Rp 5 juta yang masih sedikit persaingannya per Maret 2022 .

About Editorial Staff

Check Also

Tips Mengatur Keuangan Menjadi Orang - Orang Sukses

Tips Mengatur Keuangan Menjadi Orang – Orang Sukses

Tips Mengatur Keuangan – Manusia pada dasarnya sama. Semua sama-sama memiliki darah, tulang, dan kulit. …