5 Jenis usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda

kabarsoloraya.com. Memulai usaha bagi ibu rumah tangga yang masih  muda bisa gampang-gampang susah, apalagi jika sudah ada momongan. Membagi waktu untuk keluarga serta mengelola pekerjaan perlu keuletan dan tentunya tenaga ekstra.
Ada begitu banyak pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda yang dapat mulai dicoba. Apalagi , di masa internet seperti sekarang untuk memasarkan barang bisa menjadi lebih praktis.

Kendati menjalankan usaha sekaligus mengurus keluarga bukan hal yang mudah dilakukan bersamaan.

Namun rekomendasi berikut dapat menjadi referensi para ibu rumah tangga untuk memilih peluang usaha yang tepat dan mendatangkan cuan dan bisa dilakukan dari rumah

1. Buka toko sembako

Daftar Isi Warung Sembako Lengkap Dan Harganya Terbaru - TRIPROFIK.COM

Punya toko sembako bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda .
Membuka toko sembako sendiri bisa jadi pilihan tepat bagi anda yang ingin membuka usaha di rumah. Jika memiliki lahan sisa untuk buka toko, anda bebas berjualan apa saja, khususnya yang dibutuhkan masyarakat sekitar.

Misalnya saja, bahan sembako, frozen food, toko plastik dan bahan kue, maupun kebutuhan rumah tangga sehari-hari lainnya.

Kelebihan memiliki toko sembako, anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya namun perputaran uang bisa didapat cukup besar dan cepat. Anda juga bebas menyesuaikan jam buka toko dengan aktivitas sebagai ibu rumah tangga.

2. Membuat roti dan kue kering

Basket with various white and whole-grain bread Premium Photo
freepik

 

Usaha membuat roti dan kue kering bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda
Bagi yang punya hobi di dapur, membuka pesanan kue dan roti kering bisa jadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga.

Selain memasarkannya di lingkungan sekitar seperti tetangga, anda bisa memperluas pasar dengan mempromosikannya di media sosial maupun marketplace.

Melihat minat masyarakat terhadap kuliner saat ini juga tengah tinggi, anda bisa mengikuti selera pasar dengan membuat makanan yang sedang naik daun ataupun produk terbatas namun unik kreasi anda.

3. Katering rumahan

Celebration wedding luxury service decoration Free Photo
freepik

 

Katering rumahan bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda
Menjalankan usaha kuliner seperti ini bisa dimulai dari skala kecil jika masih pemula. Anda bisa menjajakan makanan seperti nasi boks maupun prasmanan untuk hajatan, arisan, hingga pesan antar online yang sekarang makin marak.

Dengan demikian, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membuka tempat makan khusus seperti warung. Cukup siapkan dapur yang layak untuk mengolah masakan.

Tips bagi yang ingin menjalankan usaha kuliner yang kian menjamur, Anda harus konsisten dengan rasa dan terus memperbaiki kualitas makanan agar pelanggan tidak kabur usai sekali mencoba.

Anda juga bisa mendongkrak nilai jual makanan dengan kemasan yang baik dan menarik. Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan konsep alat makan ramah lingkungan. Juga bisa ditambah menu diet sehat.

4. Penjahit 

 

Female tailor working in the studio with cat Free Photo
freepik

 

Menjual barang hasil kerajianan bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda
Saatnya ubah hobi menjadi pundi-pundi uang. Apabila punya keahlian khusus seperti menjahit, anda bisa mulai memproduksi barang dari yang sederhana yang punya nilai guna.

Misalnya, masker kain, pakaian seragam, taplak meja, kantong atau pouch, syal, dan lain sebagainya.

Menjual barang hasil kerajinan ini adalah salah satu usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda lantaran tidak memerlukan modal besar, dilakukan dengan menyenangkan, dan bermanfaat.

Misalnya, masker kain, pakaian seragam, taplak meja, tote bag, kantong atau pouch, syal, dan lain sebagainya.

Menjual barang hasil kerajinan ini adalah salah satu usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda lantaran tidak memerlukan modal besar, dilakukan dengan menyenangkan, dan bermanfaat.

5. Laundry

Cheerful housewife stands near laundry on clothesline, crosses fingers Free Photo
freepik

Laundry atau binatu tergolong jenis usaha paling sederhana namun cukup menguntungkan, dengan modal dan operasional bulanan yang tak terlalu besar. Bahkan ibu rumah tangga muda atau pemula mudah menjalankan bisnis ini.

Kunci keberhasilan bisnis laundry kiloan adalah anda bisa menambah layanan antar-jemput cucian gratis dan jangan ragu untuk memberi promo pada awal buka agar laundry anda dilirik pelanggan.

About Editorial Staff

Check Also

Tips Mengatur Keuangan Menjadi Orang - Orang Sukses

Tips Mengatur Keuangan Menjadi Orang – Orang Sukses

Tips Mengatur Keuangan – Manusia pada dasarnya sama. Semua sama-sama memiliki darah, tulang, dan kulit. …