Berapa biaya untuk ngecash mobil listrik sampai full?

Mobil Listrik di Nusa Dua Bali Jadi Contoh Penerapan Transportasi Ramah Lingkungan : Okezone Otomotif
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

kabarsoloraya.com.Nusa Dua – PT PLN (Persero) sedang membangun dan mengembangkan 60 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Bali. Untuk mengisi daya baterai mobil listrik ini harganya mulai dari Rp 2.466,78 per kWh.
Manager Strategi Pemasaran PT PLN (Persero), Oscar Praditya meski 1 kWh seharga Rp 2.446,78, Oscar mengatakan pengguna mobil bisa menulis sendiri besaran daya yang dibutuhkan.

“Ada pilihan (di aplikasi) 1 kWh, 5 kWh, atau bisa request. Untuk 1 kWh itu Rp 2.446,78 tergantung kita maunya berapa misalnya 100 kWh juga bisa,” jelasnya , di SPKLU Central Parkir ITDC Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3/2022).

Berapa biaya yang harus dihabiskan untuk mengisi baterai mobil listrik di SPKLU?

Oscar mengatakan, jika hitungan dengan menggunakan kapasitas baterai mobil listrik tentu berbeda-beda. Untuk mobil listrik G80 EV Hyundai yang ada saat peresmian SPKLU misalnya, kapasitas baterainya 87,2 kWh.

Maka, jika untuk mengisi daya full 100%, 87.2 kWh dikali Rp 2.446,78/kWh maka jumlahnya Rp 213.359,2. Harga itu belum termasuk pajak dan  administrasi dompet digital yang digunakan pengguna.
Biaya yang diperlukan dan kapasitas 100% ini bisa digunakan untuk menempuh jarak 435 km dengan full mobil menggunakan AC. Sedangkan jika AC off bisa menempuh kurang lebih 488 km

Cara melakukan pengisian baterai mobil listrik di SPKLU

Awak media berkesempatan untuk melihat langsung pengisian daya mobil listrik di SPKLU Ultra Fast Charging Ultra Fast Charging di Central Parkir ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Saat alat konektor disambungkan tempat pengisian daya mobil, tidak langsung mengisi daya baterai.
Ada proses yang dinamakan sinkronisasi untuk memastikan mobil listrik aman untuk diberikan tegangan. Saat isi baterai mobil penuh, ternyata mesin pengisi daya langsung berhenti.

Lebih lanjut, Oscar Praditya mengatakan sinkronisasi itu terdiri dari pengecekan persentase baterai yang terdidik di mobil, tegangan arus hingga seberapa aman mobil listrik untuk diisi daya.

“Setelah dirasa aman akan memberikan tegangan dulu, jadi itu protokol untuk pengamanan,” lanjutnya.

Untuk itu bagi yang ingin mengisi daya kendaraan listriknya di SPKLU diharap mendownload terlebih dahulu PLN Mobile. Transaksi untuk pembayaran juga dilakukans secara digital, ada pilihan berbagai dompet digital di dalam aplikasi.

Berikut ini tata cara mengisi daya baterai kendaraan listrik di SPKLU:

1. Download aplikasi PLN Mobile
2. Pilih icon Electric Vehicle di kanan atas aplikasi
3. Kemudian klik icon warna hijau bertuliskan SPKLU. Nantinya akan terlihat SPKLU terdekat dari lokasi Anda berada.
4. Pilih lokasi di mana SPKLU yang dikunjungi
5. Kemudian klik tab charger dan scan barcode yang tersedia di mesin pengisian daya kendaraan listriknya
6. Pilih atau tulis berapa daya yang akan diisi

About Editorial Staff

Check Also

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

kabarsoloraya.com.–Saat ini memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2022 dapat dilkerjakan dari rumah dengan …