Amalan Nisfu Syaban yang Dianjurkan
images source: stockphoto

Amalan Nisfu Syaban yang Dianjurkan

Apa saja amalan yang perlu dikerjakan di bulan syaban?

1. Membaca Zikir

Lailaha illahu la na’budu illa iyyahu mukhlishina lahud din walaw karihal musyrikun.
Artinya : Tiada Tuhan kecuali Allah, kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya dengan ikhlas menjalankan agama-Nya walaupun orang-orang musyrik membenci.
Amalan yang mulia ini memiliki pahala yang sangat besar dan pahalanya seperti pahala orang beribadah seribu tahun.

 

2. Perbanyak Istighfar

Memperbanyak istigfar juga merupakan anjuran pada bulan Syaban. Sebab tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan kesalahan.
Dalam keseharian manusia bergelimang dengan dosa. Meskipun manusia banyak melakukan dosa, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Karenaya, meminta ampunan (istighfar) atas segala kesalahan sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Sya’ban. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan,

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

Artinya, “Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya.
Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

illustrasi istighfar

 

3. Puasa

Puasa di bulan Sya’ban itu termasuk anjuran sunah karena untuk melatih agar ketika Ramadhan tiba sudah terbiasa dengan menjalankan puasa. Selain itu bulan ini juga banyak dilalaikan oleh manusia sebagaimana yang dijelaskan dalam beberapa hadits.

Namun kita tidak perlu mengkhususkan hari tertentu dari bulan Sya’ban untuk berpuasa karena tidak ada hadits yang benar secara khusus menentukan hari tertentu untuk puasa. Yang ada adalah riwayat yang menjelaskan anjuran puasa bulan Sya’ban secara umum. Bisa dilakukan diawal, pertengahan ataupun akhir. Dan hendaknya diberi jeda beberapa hari untuk tidak puasa syaban menjelang ramadhan.

 

4. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam nisfu Sya’ban. Amalan di Bulan Syaban berikutnya adalah dengan membaca dua kalimat syahadat sebanyak mungkin, Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan,

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة “لا إله إلا الله محمد رسول الله”.

 

Artinya, “Seyogyanya anjuran pada bulan Syaban seorang muslim dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”