Aplikasi Cek Bansos Resmi Pemerintah

Anggaran yang sudah disiapkan untuk penyaluran Bansos PKH 2022 adalah sebesar Rp28,7 triliun yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Penyaluran Bansos PKH 2022 ini akan melalui bank himbara, yaitu bank BRI, BNI, MANDIRI dan BTN dengan skema empat tahap pencairan

Tahap 1: Januari, Februari, Maret

Tahap 2: April, Mei, Juni

Tahap 3: Juli, Agustus, September

Tahap 4: Oktober, November, Desember.

Cara daftar Bansos 2022 secara online bisa dilakukan melalui aplikasi ‘Cek Bansos’ yang disediakan oleh Kementerian Sosial.

Berikut ini cara daftar Bansos 2022 secara online:

Untuk dapat mengecek keterdaftaran diri pada pemberian dana bantuan sosial yang diagendakan pemerintah anda cukup mengikuti beberapa langkah di bawah:

Langkah Cek Bansos Resmi Pemerintah

1.       Unduh Aplikasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tentunya mencari dan mendownload Aplikasi Cek Bansos pada platform Google Play Store. Pastikan bahwa aplikasi yang anda unduh merupakan aplikasi resmi besutan Kementerian Sosial.

Pasalnya, kini banyak sekali ditemui aplikasi serupa yang juga mengatasnamakan pemberian bantuan sosial. Padahal aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dibuat oleh oknum tidak bertanggung jawab dan bahkan dapat memancing penipuan.

2.       Melakukan Registrasi

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah melakukan registrasi. Pasalnya aplikasi ini bekerja berdasarkan data yang sebelumnya sudah diprogram oleh pemerintah. Artinya untuk dapat menggunakan aplikasi ini maka anda diharuskan untuk melakukan registrasi data diri.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk melakukan registrasi:

  • Nomor Kartu Keluarga
  • NIK
  • KTP
  • Foto Swafoto memegang KTP
  • E-mail

Setelah anda mengisi data diri sesuai dengan apa yang diminta oleh aplikasi maka selanjutnya anda akan diberikan kode OPT yang dikirim melalui Email. Kemudian data tersebut akan diverifikasi oleh server.

3.       Cek Keterdaftaran Diri

Setelah anda berhasil melakukan login kini anda akan berada pada tampilan awal aplikasi Cek Bansos, yang perlu anda lakukan adalah ketuk salah satu opsi yang bertuliskan Cek Bansos.

4.       Input Data

Lanjutkan dengan memilih provinsi dimana anda menetap lengkap dengan kabupaten, kecamatan dan kelurahan/desa. Lanjutkan dengan memasukkan nama sesuai dengan yang tertera pada KTP yang anda miliki kemudian ketuk pilihan ‘Cari’.

5.       Hasil Pencarian

Selanjutnya anda akan disuguhkan tampilan terkait dengan detail bantuan yang anda dapatkan. Berikut adalah tampilan yang muncul adalah:

  • Provinsi
  • Kabupaten
  • Kecamatan
  • Kelurahan/desa
  • Nama umur
  • Status bansos yang diterima.

Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai mesin pencari bagi anda yang menerima beberapa jenis bansos lain seperti BNPT, BST maupun PKH.

Demikian aplikasi cek bansos kemensos resmi pemerintah, segera daftar dan cek nama anda untuk mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …