Aplikasi Keluarga Sehat Kemenkes, Fungsi Dan Cara Download

Kabarsoloraya.com. Aplikasi Keluarga Sehat Kemenkes, Fungsi Dan Cara Download. Aplikasi Keluarga Sehat adalah aplikasi yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan untuk menunjang program Pemerintah Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga atau PIS-PIK. Aplikasi Keluarga Sehat pertama kali diluncurkan oleh Pusdatin (Pusat Data dan Informasi Kemenkes) pada tahun 2015 dengan nama Prokesga dengan tujuan untuk membantu mempermudah proses pelayanan dan pendataan pasien yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan daerah. Lalu kemudian aplikasi Prokesga berubah nama menjadi aplikasi Keluarga Sehat pada tahun 2016 hingga kini.

Apa itu Aplikasi Keluarga Sehat?

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan salah bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh negeri. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan para surveyor kesehatan dalam mengumpulkan data seluruh keluarga di Indonesia, baik di daerah yang sudah memiliki fasilitas internet yang sudah memadai maupun di daerah terpencil yang masih mengalami kesulitan akses Internet.

Fungsi Aplikasi Keluarga Sehat

Salah satu hak warga negara Indonesia adalah mendapatkan pelayanan kesehatan  yang layak. Hal ini merupakan salah satu hak asasi manusia yang tercantum dalam UUD 1945 Pasal 28 H ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak untuk hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berskala nasional yang diimplementasikan secara regional yang berlaku di seluruh Indonesia. Melalui aplikasi ini, data lapangan, data pasien, data fasilitas kesehatan hingga data analisis bisa didapat dengan lebih mudah. Dengan akses data yang lebih mudah, diharapkan akan mempercepat proses penindaklanjutan dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat.

Ada dua platform yang dapat kamu gunakan untuk mengakses aplikasi Kesehatan Keluarga, yaitu melalui website resmi Keluarga Sehat dan melalui aplikasi Keluarga Sehat yang didownload dari Playstore.

2 Platform tersebut adalah:

1. Website

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk mengakses aplikasi Keluarga Sehat adalah melalui website di alamat https://keluargasehat.kemkes.go.id/. Pada halaman website Keluarga Sehat ini, terdapat 3 modul utama, yaitu modul Administrator, Dashboard, dan Kuesioner. Masing-masing dashboard memiliki peran dan fungsinya masing-masing, yaitu:

  • Administrator

Pada halaman ini, kamu dapat mengatur berbagai menu pada akun. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui berbagai informasi mengenai data kesehatan pribadi, keluarga, serta berbagai fasilitas kesehatan.

  • Dashboard

Pada halaman dashboard, kamu dapat melihat data hasil atau output berupa informasi berapa banyak total keluarga yang sudah terdata. Kamu dapat melihat data ini berdasarkan regional. Melalui halaman dashboard ini kamu juga dapat menyajikan data informasi agregat yang didapat dari hasil perhitungan di lapangan.

  • Kuesioner

Halaman kuesioner berisi daftar pertanyaan yang harus diisi sesuai dengan data kesehatan pengguna yang akan dimasukkan sebagai database. Modul ini berfungsi untuk menggantikan proses survey yang dahulu dilakukan secara manual. Hal ini membuat proses survei kesehatan keluarga di masyarakat menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

2. Android

Cara lain untuk mengakses aplikasi Keluarga Sehat adalah dengan mendownload versi aplikasinya melalui Playstore. Versi aplikasi lebih mudah untuk digunakan karena kamu hanya perlu membuka aplikasi ini melalui HP. Untuk versi aplikasi Keluarga Sehat terbaru 2020, terdapat 2 modul utama yaitu modul dashboard dan modul kuesioner. Berikut rinciannya.

  • Dashboard

Hampir sama dengan versi website, halaman dashboard versi android uga menampilkan informasi data total jumlah keluarga yang telah didata berdasarkan wilayahnya. Namun pada versi android, halaman dashboard dilengkapi dengan 12 indikator keluarga sehat (IKS) regional serta status pendataan yang dilakukan secara berjenjang oleh enumerator puskesmas.

  • Kuesioner

Modul kuesioner via mobile juga sama seperti modul kuisioner versi website, namun bedanya pada aplikasi Keluarga Sehat android ini kamu dapat mengisi kuesioner secara offline. Jadi ketika tidak terdapat jaringan internet, kamu masih tetap bisa memasukkan data survei kesehatan keluarga melalui aplikasi. Jadi bisa dikatakan bahwa aplikasi Keluarga Sehat versi android merupakan aplikasi offline. Jika kamu mengalami kesulitan untuk mengisikan data survei melalui HP, kamu juga dapat download aplikasi keluarga sehat ini untuk PC.

Cara Download Aplikasi Keluarga Sehat

Cara download Aplikasi Keluarga Sehat sangat mudah, lakukan beberapa step berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Masukkan kata kunci ‘Keluarga Sehat 2.0’
  • Pilih aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0
  • Klik ‘Unduh’ atau ‘Download’
  • Setelah berhasil mengunduh, login ke aplikasi dengan menggunakan username dan password yang tepat

Untuk Informasi yang lebih lengkapnya bisa kamu unduh di PlayStore atau https://keluargasehat.kemkes.go.id/.

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …