Begini Tips dan Trik Jitu Menjaga Mood Saat Menulis Agar Tetap Eksis dan Produktif

Suasana hati memainkan peran yang sangat penting dalam kualitas dan hasil karya tulis. Saat mood sedang tidak baik, biasanya penulis merasa kurang maksimal dalam karyanya.

Lain halnya ketika mood sedang bagus, penulis pasti akan merasa puas dan senang. Siapapun bisa mengujinya, baik untuk pemula maupun yang memiliki hobi menulis.

Ketika mood untuk menulis sedang tidak baik, tentu akan mengganggu produktivitas seseorang. Oleh karena itu, diperlukan tips dan trik agar dapat mengembalikan atau mempertahankan mood untuk menulis.

6 Tips dan Trik Untuk Mengembalikan mood Untuk Menulis

1. Cari tempat dan suasana yang nyaman

Berada terus-menerus di tempat yang sama pasti akan membuat mood jenuh. Dalam hal ini, suasana hati biasanya memburuk dan berpengaruh pada produktivitas. Jadi cobalah mencari tempat baru untuk menenangkan hati dan pikiran Anda.

Misalnya, jika ini adalah zona nyaman Anda di dalam ruangan, cobalah untuk membuat kondisi ruangan lebih berbeda dari biasanya. Anda bisa menambahkan lilin aromaterapi atau memberikan dekorasi yang menarik di dalam ruangan. Anda mencari tempat santai lain untuk dicoba, seperti balkon atau taman yang memberikan kesan damai dan tenang.

2. Ada motif dan maksud dalam tulisan

Biasanya seseorang memiliki motivasi untuk melakukan sesuatu. Mirip dengan menulis, motivasi juga sangat penting di sini. Kenali diri Anda untuk mengetahui apa yang memotivasi Anda untuk menulis. Jangan lupa sertakan niat Anda ketika Anda mulai menulis karena sesuatu yang didasarkan pada niat biasanya pasti akan membuahkan hasil.

3. Bacalah tulisan atau buku yang kamu suka

Dengan membaca tulisan atau buku yang Anda sukai, biasanya Anda akan terinspirasi untuk menulis. Ini juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk belajar menulis dengan baik.

Membaca sebuah karya yang baik biasanya akan membangkitkan mood untuk menulis, maka dari itu gunakanlah kesempatan untuk menciptakan karya yang sesuai dengan kemampuan Anda.

4. Temukan waktu yang tepat untuk menulis

Kreativitas seseorang datang pada waktu yang berbeda. Ada yang datang pagi atau sore hari. Jadi carilah waktu yang tepat untuk mulai menulis. Temukan kondisi di mana Anda dapat menuliskan semua ide yang Anda miliki agar tetap produktif dalam menciptakan bisnis.

5. Nikmati saat Anda menulis

Berikan perasaan dan penghargaan Anda saat menulis. Misalnya, ketika Anda menulis cerita dengan topik sedih atau bahagia, bayangkan Anda ada di sana dan rasakan bagaimana perasaan karakter tersebut.

Anda dapat mendengarkan lagu dalam suasana hati yang sama dengan cerita yang Anda tulis. Itu bisa menambah mood dan pikiran Anda untuk terus menulis cukup lama.

6. Istirahatlah

Istirahat sangat penting terutama ketika Anda terus-menerus menguras pikiran untuk menulis sesuatu. Saat merasa lelah, sebaiknya segera istirahat agar otak bisa merasa benar-benar rileks. Bisa sambil makan snack favorit atau minum minuman yang bikin segar.

 

 

About Editorial Staff

Check Also

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP. Memang hal yang menyebalkan ketika memori …