Cara Buka Blokir PSE Kominfo, Batas Akhir Juli 2022 Dengan Syarat

Kabarsoloraya.com. Cara Buka Blokir PSE Kominfo, Batas Akhir Juli 2022 Dengan Syarat. Baru-baru ini ramai isu aplikasi WhatsApp, Twitter, Instagram, Google dan beberapa lainnya akan diblokir oleh pemerintah karena belum daftar PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik).

Salah satu platform digital beken di Tanah Air yang terkena sanksi pemblokiran Kominfo adalah PayPal. Pemutusan akses alias pemblokiran ini diterapkan sebagai sanksi administratif bagi 10 PSE besar yang belum mendaftarkan diri meski sudah dikirimi surat teguran. PSE itu di antaranya adalah PayPal, Yahoo, Steam, Epic Games, dan Counter Strike.

Pemblokiran tersebut akan dilakukan oleh Kominfo apabila pengelola bisnis tidak mendaftarkan PSE paling lambat 20 Juli 2022. Lalu bagaimana cara daftar PSE Kominfo? Untuk itu, berikut cara daftar PSE Kominfo yang perlu anda ketahui.

Situs tak bisa diakses, aplikasi masih bisa di-download

PayPal biasanya diandalkan pengguna Indonesia untuk melakukan pembayaran atau transaksi online. Tak hanya, itu PayPal dapat menarik dana dalam 56 mata uang asing dan menyimpan saldo rekeningnya dalam 25 mata uang sehingga memberikan kemudahan pengguna bertransaksi antarnegara.

Pantauan media, kini situs resmi Paypal di URL paypal.com sudah diblokir dan tidak bisa diakses menggunakan internet seluler dari provider Telkomsel, by.U, dan XL Axiata. Ketika diakses, situs paypal.com justru menampilkan jendela bertuliskan “This site can’t be reached” (Situs ini tidak dapat dijangkau), seperti gambar di atas. Padahal, biasanya situs paypal.com itu bisa diakses pengguna untuk mendaftar dan masuk ke akun PayPal. Selain itu, situs tersebut juga menampilkan informasi yang berkaitan dengan layanan dan cara kerja PayPal sebagai platform pembayaran. Namun, pemblokiran PayPal belum merata dilakukan Kominfo. Sebab, masih dapat membuka situs paypal.com dengan jaringan internet fixed broadband dari provider Oxygen.id, IndiHome, Iconnet, serta internet seluler dari provider Indosat. Aplikasi  PayPal di toko aplikasi Google Play Store masih bisa diinstal. Namun, ketika ingin melakukan login dengan jaringan internet seluler, layar malah menunjukkan notifikasi “No internet connection” sehingga proses login gagal.

Platform atau PSE ini merupakan penyedia layanan dalam daftar 100 trafik terbesar yang sudah diumumkan Kemkominfo pada pekan lalu. Kominfo sendiri telah melayangkan surat peringatan kepada platform yang belum daftar PSE. Apabila dalam lima hari kerja setelah surat dikirimkan dan tidak ada respons, Kemkominfo akan mulai melakukan pemblokiran.

Daftar layanan yang berpotensi diblokir Kominfo

Namun, Steam dan PayPal dkk belum melakukan pendaftaran hingga batas terakhir pada Jumat (29/7/2022), pukul 23:59 WIB. “Nah, dari 12 yang kemarin yang sudah disurati, ada 10 yang masih kami menunggu dan dua sudah mendaftar,” tuturnya dalam konferensi pers Kominfo.

Adapun daftar layanan yang berpotensi diblokir apabila belum melakukan pendaftaran hingga tengah malam nanti, berikut ini daftar lengkapnya :

Amazon (eCommerce)
PayPal
Yahoo Search Engine
Bing Search Engine
Epic Games
Steam
Dota
Counter Strike GO
Battle.net
Origin (EA)

 

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …