Cara Mudah Daftar dan Optimasi Google Bisnisku
Cara Mudah Daftar dan Optimasi Google Bisnisku

Cara Daftar Di Google Bisnis Dan Optimasi Google Bisnisku

Kabarsoloraya.com. Cara Daftar Di Google Bisnis dan Optimasi Google Bisnisku. Google Bisnisku atau Google My Business, sebuah platform yang disediakan oleh Google untuk memudahkan kalian yang memiliki sebuah usaha / bisnis. Sekarang, hampir semua lini usaha mengembangkan sayapnya ke digital. Hal ini dilakukan untuk agar bisnis tetap survive .

Oleh karena itu, kita sebagai pemilik usaha/bisnis harus menjangkau calon customer atau pembeli lebih banyak untuk bertahan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan platform yang diberikan oleh Google, yaitu Google Bisnisku.

Lantas, bagaimana cara daftar di google bisnis? Simak artikel ini sampai bawah ya untuk mengetahui selengkapnya.

Apa itu Platform Google Bisnisku?

Google My Business atau lebih mudah kita kenal sebagai Google Bisnisku adalah sebuah platform yang dikeluarkan oleh Google pada tahun 2014 lalu.

Google Bisnisku dibuat oleh Google dengan tujuan agar pemilik usaha atau bisnis semuanya mendapatkan listing secara gratis dari Google.

Listing ini tentu saja akan membantu kalian menjangkau lebih banyak calon pembeli atau customer untuk menemukan usaha kamu dengan mudah di Google.

Google Bisnisku ini sudah pasti tidak asing lagi untuk kalian semua, tetapi banyak sekali yang belum mengetahui bagaimana cara untuk daftar dan optimasi google bisnisku.

Oleh karena itu, kami akan memberikan cara optimasi google bisnisku dan daftar google bisnisku secara lengkap dan gratis untuk kalian.

Cara Daftar Google Bisnis dengan Mudah

Pertama-tama kita mulai dengan cara daftar google bisnisku terlebih dahulu, karena hal ini merupakan langkah awal untuk memulai.

Cara Daftar Google Bisnis 

  1. Kunjungi halaman web google bisnisku

    Step pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi halaman google bisnisku dan tekan “Mulai Sekarang” atau Start Now.

  2. Mengisi nama usaha kalian dan tekan “Selanjutnya”

    Step kedua yaitu kita harus menuliskan nama bisnis atau usaha kita dan menekan tombol Next/Selanjutnya.

  3. Mengisi form alamat bisnis kalian

    Step selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mengisi alamat usaha/bisnis, dan klik tombol “Selanjutnya”. Apabila kalian mengirim jasa atau barang ke calon pembeli, ceklis kotak terkait.

  4. Memilih nama usaha atau bisnis

    Setelah kalian menambahkan nama bisnis dan alamat usaha kalian, pihak google akan memberikan saran beberapa nama usaha. Apabila kalian dapat menemukan nama bisnis yang kalian miliki diantara daftar yang disediakan pilihlah. Jika tidak ditemukan, tekan tombol “None of These” atau tidak satupun dari mereka. Setelah itu tekan tombol next untuk melanjutkan.

  5. Tentukan lokasi bisnis kamu di google maps

    Step kelima ini adalah menentukan lokasi bisnis kamu di peta atau google maps. Yang perlu kalian lakukan adalah tarik penanda dan memposisikan pin tersebut di lokasi usaha kalian dan tekan tombol “Next” atau selanjutnya.

  6. Memilih kategori usaha

    Step keenam adalah memilih kategori bisnis kalian, jika sudah dipilih tekan tombol “Next”.

  7. Menambahkan nomor telepon usaha dan website (jika punya).

    Isi nomor hp atau telepon bisnis kalian di kolom yang sudah disediakan, isikan juga URL website kalian jika punya.

  8. Tekan tombol Continue.

    Klik tombol continue atau melanjutkan untuk lanjut ke langkah berikutnya.

  9. Verifikasi Google Bisnisku.

    Untuk dapat menggunakan akun google bisnisku, kalian harus memverikasinya terlebih dahulu. Kalian bisa memilih option pertama dengan memverifikasi melalui surat cinta dari google. Serta kalian juga harus menambahkan kontak yang dapat dihubungi.

  10. Atur tatak letak situs web

    Google Bisnisku memberikan website gratis sederhana untuk kalian. Jika kalian tertarik, klik tombol “Preview Site”, jika tidak mau maka klik tombol tidak, terima kasih.

  11. Tambahkan Foto dan Video Usaha

    Step terakhir adalah menambahkan foto usaha atau bisnis kalian. Kalian bisa menambahkan sesuai dengan yg disediakan. Seperti foto eksterior, interior, tempat kerja, dll. Kalian juga bisa menambahkan video pada kolom yang disediakan.

Tips dan Cara Optimasi Google Bisnisku

Nah setelah mengetahui cara daftar google bisnisku, selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana untuk Tips Optimasi Google Bisnisku.

Simak beberapa langkah untuk optimasi google bisnisku di bawah ini :

  • Manfaatkan Insight

Insight merupakan cara orang dapat menghubungi bisnis kita ataupun mengakses bisnis kita melalui listing google bisnisku. Beberapa informasi yang dapat kita lihat dari insight adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana cara customer dapat menemukan usaha kita
  2. Foto usaha atau bisnis kita yg dilihat
  3. Petunjuk arah ke lokasi bisnis kita
  4. Panggilan telepon ke usaha kita

Dari keempat insight tersebut, kalian bisa menganalisa dan membenahi apa yg perlu diperbaiki. Dengan itu bisnis kalian akan lebih berkembang menjadi lebih baik lagi.

  • Memberikan Pelayanan Terbaik

Memberikan layanan terbaik disini bisa dengan fast respon ketika mendapatkan panggilan telepon atau chat melalui WhatsApp.

Kalian juga bisa membuat website yg sebagus mungkin, atau dengan menyertakan video tentang bisnis atau usaha kalian.

  • Upload Gambar Berkualitas dan Jelas

Dengan mengunggah gambar yang berkualitas dan jelas, calon customer sudah pasti akan tertarik lebih jauh dengan bisnis atau usaha kalian.

Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi first impression calon pembeli.

  • Berikan Respon kepada Review yang Diberikan

Kalian wajib untuk memberikan respon kepada ulasan yang telah diberikan pembeli. Karena dengan cara tersebut, pembeli akan merasa diperhatikan dan mungkin akan terjadi repeat order.

  • Menggunakan Nama yang Pendek

Dengan menggunakan nama pendek, kalian akan menjangkau lebih jauh pembeli. Selain itu, nama pendek juga lebih mudah dihafalkan customer.

Itulah cara daftar di google bisnis semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kalian yang sedang merintis sebuah usaha atau bisnis. Terutama untuk bisnis yang bergerak dalam digital.