Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Android Dan iOs

Kabarsoloraya.com. Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Android Dan iOs. Seringkali terjadi foto yang kamu miliki mulai memenuhi memori penyimpanan yang ada, sehingga harus diatur ukurannya sedemikian rupa. Tidak mesti harus dihapus, namun kamu bisa secara mudah memperkecil ukurannya. Cara mengecilkan ukuran foto di HP juga sangat gampang dilakukan sendiri tanpa kesulitan.

Caranya adalah yang bisa digunakan kebanyakan dengan layanan situs atau website yang menyediakan fitur serupa. Prosesnya tak akan jauh berbeda dengan cara mengecilkan ukuran foto atau file di laptop atau komputer. Berikut kabarsoloraya.com uraikan beberapa opsi cara mengecilkan ukuran foto di HP.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dengan Situs resmi

1. Dengan Situs Picresize

Situs yang satu ini memang sangat populer untuk mengolah ukuran file digital secara gampang. Selain bisa digunakan dengan gratis, situs ini juga menawarkan cara yang cukup mudah, berikut langkahnya:

  1. Masuk ke situs picresize.com
  2. Kemudian pilih foto yang akan diubah ukurannya
  3. Lanjutkan klik Continue
  4. Pilih ukuran foto sesuai dengan keperluan pada kolom Resize Your Picture
  5. Tentukan format file yang akan disimpan
  6. Kemudian setelah selesai, klik I’m Done, Resize My Picture
  7. Tunggu beberapa saat, dan foto sudah berhasil dikecilkan ukurannya dan siap digunakan.

2. Resizepixel.net

Kedua, cara mengecilkan ukuran foto di HP, masih menggunakan layanan website, kamu bisa mengakses website dengan nama resizepixel.net.

  1. Akses dan masuk ke website tersebut.
  2. Pilih foto yang akan diubah ukurannya, lalu upload foto tersebut.
  3. Atur Width dan Height sesuai dengan keinginan, atau gunakan ikon % pada bagian kanan atas.
  4. Klik Resize Image jika sudah benar ukurannya.
  5. Dalam waktu singkat foto akan tersimpan di dalam direktori dengan ukuran yang lebih kecil.

3.   IMGonline

IMGonline merupakan sebuah website yang bisa digunakan untuk memproses foto dan gambar dengan format JPEG secara online. Pada website ini, kamu bisa, tanpa mengkompresi ulang sebuah gambar, mengedit EXIF, IPTC, data XMP, melihat detail EXIF, atau membuang EXIF serta data informasi lain yang menempel pada foto JPEG. Selain itu kamu bisa merotasi gambar atau foto ke sudut-sudut kelipatan 90 derajat dan membuat JPEG progresif tanpa menghilangkan kualitas. Kamu juga bisa mengecilkan file JPG ke ukuran tertentu dalam kilobyte maupun megabyte sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, IMGonline juga bisa membantu memperbaiki kualitas foto menggunakan fitur auto-level, auto enrichment, dan penyesuaian tingkat cahaya dan kontras, saturasi dan tone warna secara manual. Selain itu juga terdapat efek-efek lain yang bisa digunakan untuk mengubah foto.

4.   Compress JPEG

Compress JPEG merupakan situs yang memungkinkan kamu untuk memilih hingga 20 foto atau gambar berformat JPG atau JPEG untuk dikompresi ke ukuran yang lebih kecil tanpa menurunkan kualitas. Caranya kamu tinggal memasukkan file yang kamu inginkan untuk diupload. Setelah dikonversi, hasilnya bisa kamu download satu per satu atau diarsipkan ke dalam file ZIP.

Jika kamu mengklik tab sebelah JPEG (PNG atau PDF) di atas boks mengupload file, kamu akan dibawa ke website compressPNG.com dan shrinkPDF.com untuk mengatur besaran dari masing-masing file hingga mencapai ukuran yang kamu inginkan.

5.   TinyJPG

TinyJPG adalah salah satu situs untuk mengecilkan foto yang paling praktis dan efektif. Di situs ini, kamu bisa memperkecil ukuran foto dengan file JPEG. Untuk menghindari penurunan kualitas, sistem TinyJPG membuat strategi yang paling optimal ketika mengurangi ukuran file foto.

Untuk mengubah ukuran maupun cropping foto dan gambar, kamu juga bisa memanfaatkan TinyJPG. Apalagi, sistem TinyJPG kini lebih cerdas dan bisa secara otomatis membuang bagian foto yang kurang oke dalam proses cropping. Ketika kamu mengupload foto tanpa latar belakang atau kurang dari dimensi foto yang kamu inginkan, API dari TinyJPG akan menambahkan latar belakang secara otomatis jika dibutuhkan. Fungsi-fungsi ini menjadi sangat penting dan mudah digunakan sesuai kebutuhan.

6.   Toolur

Toolur merupakan situs dengan antarmuka pengguna yang sangat simple. Dengan Toolur, kamu bisa memperkecil ukuran file atau mengatur ulang ukuran foto berformat JPG maupun PNG untuk mengirit ruang pada memory smartphone kamu. Kamu bisa menentukan tingkat metode kompresi dan dimensi gambar atau foto untuk mengurangi ukurannya. Toolur juga memiliki fitur untuk mengubah format gambar dari PNG ke JPG hingga membuat gambar bergerak berformat GIF dari kumpulan file yang kamu upload.

7.  ResizeImage.net

Dengan antarmuka situs yang mirip dengan Toolur, ResizeImage merupakan situs dengan berbagai fitur yang dapat digunakan dengan mudah. Selan mengecilkan foto, situs ini juga bisa meng-crop, merotasi, membuat latar belakang menjadi transparan atau warna lainnya, mengubah format file gambar, hingga mengoptimalisasi kualitas file gambar.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dengan Fitur Bawaan

Tidak hanya dengan menggunakan layanan situs yang disebutkan di atas, atau situs sejenis lainnya, kamu juga dapat menggunakan fitur bawaan dari HP Android yang kamu miliki.

Buka aplikasi Galeri, dan pilih foto yang ingin diubah ukurannya.
  1. Pilih ikon Edit, kemudian klik ikon tiga titik, kemudian pilih Resize Image.
  2. Untuk mengecilkan foto, tentukan saja persentase yang diinginkan.
  3. Klik Done untuk menerapkan perubahan yang diinginkan.
  4. Proses selesai, foto sudah dikecilkan ukuran file-nya.

Tak terlalu sulit bukan cara yang harus ditempuh untuk keperluan ini? Kamu juga bisa menggunakan cara mengecilkan ukuran foto di HP dengan metode lain. Yang pasti, caranya tak akan jauh berbeda dengan yang sudah disebutkan diatas.

Cara Mengecilkan Foto dengan HP iPhone

1.   Manfaatkan Fitur Resize yang Ada di Aplikasi Mail

Pada bagian Mail for iOS dilengkapi dengan fitur resize foto. Di sini kamu bisa memilih berbagai ukuran seperti small, medium, large maupun actual size. Caranya sangat gampang untuk menggunakan fitur resize yang ada Mail for iOS ini. Kamu tinggal pilih foto yang ukurannya ingin diperkecil lalu pilih ukuran resize sesuai kebutuhan.

2.   Gunakan Aplikasi Image Size

Cara mengecilkan foto online di iPhone bisa dengan menggunakan aplikasi Image Size. Pada aplikasi ini mendukung mode resize dengan memasukkan ukuran sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun juga tersedia ukuran standar misalnya ukuran kertas legal, letter, dan lainnya. Cara melakukannya bisa dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pada App Store unduh aplikasi Image Size
  2. Bila sudah terinstall, buka aplikasi Image Size
  3. Untuk memilih foto yang ingin diubah ukurannya, tap bagian kiri atas aplikasi. Bila muncul permintaan konfirmasi untuk menyetujui akses privasi foto pilih setujui
  4. Sesuaikan ukuran foto yang diinginkan
  5. Bila sudah, tap icon unduh atau download
  6. Untuk melihat hasilnya buka galeri iPhone

Cara Mengecilkan Foto dengan HP Android

3.   Gunakan Aplikasi Photo Compress & Resize

Cara mengecilkan ukuran foto dengan HP Android selanjutnya bisa menggunakan Photo Compress & Resize. Aplikasi ini mampu mengubah ukuran foto hingga 200KB atau lebih kecil lagi. Untuk mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi gratis ini caranya pun cukup mudah:

  1. Download aplikasi Photo Compress & Resize di Play Store
  2. Kemudian instal dan buka aplikasinya
  3. Kamu akan mendapatkan notifikasi meminta aplikasi untuk memperoleh akses ke media & file
  4. Kamu tinggal klik Izinkan
  5. Lanjut pilih foto yang ingin di-resize dan tentukan kualitas fotonya
  6. Kemudian klik Start Compress dan tunggu hingga prosesnya selesai
  7. Jika sudah kamu bisa mengunduhnya

4.   Unduh Aplikasi QReduce Lite

Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk mengecilkan ukuran foto dengan praktis dan mendukung berbagai format foto PNG, JPG, atau JPEG.  Berikut cara yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Download aplikasi QReduce melalui Play Store
  2. Selanjutnya install dan buka aplikasi
  3. Lalu klik “Select Photo”
  4. Pilih foto yang akan diubah ukurannya kemudian kamu bisa mengatur sendiri ukuran yang diinginkan
  5. Bila sudah menentukan ukuran pilih menu “Start”
  6. Tunggu hingga proses selesai dan untuk melihat hasil fotonya bisa buka folder QReduce Lite pada galeri Android

5.   Pakai Photo & Picture Resizer

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer. Kamu dapat mengecilkan ukuran foto dengan memilih empat ukuran foto utama yaitu 480×320, 640×480, 800×600, dan 1024×768. Namun Photo & Picture Resizer juga memungkinkan kamu menentukan ukuran foto sendiri sesuai dengan kebutuhanmu. Bila sudah melakukan pengecilan atau pengompresan foto, kamu bisa dengan mudah membaginya ke media sosial.

Itu dia yang kabarsoloraya.com uraikan tentang cara mengecilkan foto dengan situs resminya, fitur bawaan HP, dan juga HP iPhone maupun Android yang bisa dicoba.

Semoga bisa bermanfaat!!

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …