Cara Menjual Foto Di Internet Untuk Menghasilkan Uang Tambahan

Cara jual foto di internet nampaknya menjadi hal yang harus dipahami para fotografer. Pasalnya, saat ini penghasilan fotografer tidak hanya berasal dari jasa memotret saja, namun juga bisa berasal dari penjualan foto miliknya di internet. Ada banyak situs yang bisa menjadi tempat jual beli foto online. Salah satu situs yang paling terkenal yaitu Shutterstock. Shutterstock adalah situs yang setiap orang bisa menjual foto hasil jepretannya dengan harga yang cukup menguntungkan.

Syarat Dan Cara Jual Foto Di Internet

Beberapa syarat cara jual foto di internet melalui Shutterstock:

1. Jenis file dan resolusi foto

Harus memiliki resolusi minimal 4 megapixel. Sedangkan untuk jenis file, Shutterstock mensyaratkan foto yang hendak diunggah dengan format jpeg, vector, dan eps.

2. Kualitas foto

Pastikan foto yang diunggah ke Shutterstock memiliki kualitas terbaik. Beberapa faktor yang menunjang kualitas foto antara lain; pencahayaan, fokus foto, hingga noise yang dihasilkan.

3.Tidak mengandung unsur SARA

Shutterstock tidak menerima foto yang mengandung SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan). Maka dari itu, pastikan foto yang hendak kamu jual di platform tersebut tidak mengandung unsur tersebut.

Langkah-langkah dan tips menjual foto di Shutterstock

1. Registrasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika hendak menjual foto di Shutterstock yaitu melakukan registrasi sebagai kontributor terlebih dahulu.

2. Konfirmasi Akun

Setelah akun selesai dibuat, langkah cara jual foto di internet yaitu dengan melakukan konfirmasi akun. Kamu diminta untuk mengunggah KTP dan password sebagai kontributor.

3. Tersedia Akun Paypal

Akun paypal adalah digunakan sebagai sarana pembayaran apabila foto kamu dibeli oleh pihak Shutterstock. Situs Shutterstock mengharuskan kontributornya untuk memiliki akun Paypal.

4. Seleksi Foto

Foto tidak memiliki unsur brand dan watermark dalam foto yang diunggah. Setelah foto tersebut sesuai kriteria, kamu bisa langsung mengunggah foto ke platform website Shutterstock.

5. Tunggu Review

Foto yang telah berhasil diunggah akan langsung di-review oleh pihak Shutterstock. Apabila lolos seleksi, maka foto tersebut akan langsung masuk ke website Shutterstock.

6. Informasi Penghasilan

Nantinya, kamu akan mendapatkan informasi pendapatan yang diperoleh dari hasil menjual foto di internet, setelah foto diseleksi. Namun, untuk bisa menikmati hasil dari cara jual foto di Shutterstock, pastikan saldo Paypal yang kamu miliki sudah mencapai 200 dolar. Baru itu setelah itu, kamu dapat menarik saldo tersebut ke rekening bank yang kamu miliki.

Baca Selengkapnya

Itulah beberapa hal tentang cara jual foto di internet yang perlu kamu pahami. Semoga bermanfaat!