Kekuatan Pikiran Bisa Menentukan Karakter Masa Depan Seseorang

Pernahkah anda berpikir tentang sesuatu dan setelah itu anda lakukan berkali-kali dengan sengaja ataupun tidak sengaja, ternyata apa yang anda pikirkan benar-benar terjadi. Hal seperti ini pasti sering terjadi tetapi kita jarang memperhatikannya.

Kekuatan Pikiran akan menentukan karakter, maksudnya apa?

Tahukah anda apa yang dipikirkan seorang saat berada di ketinggian? Jika ia seorang pemain akrobat, saya yakin ia pasti juga pernah merasa takut terjatuh.

Tetapi apa yang ia lakukan? Ia buang pikiran takut terjatuh itu jauh-jauh. Ia berkonsentrasi pada apa yang harus ia lakukan dengan tepat dan akurat. Ia perhatikan dengan cermat saat-saat kritis dan teknik untuk melewatinya seperti yang ia telah pelajari dan latih berkali-kali.

Penguasaan diri menentukan kekuatan pikiran

Silahkan anda tanyakan apa yang terjadi ketika ia tiba-tiba merasa takut terjatuh? Saat itu konsentrasinya buyar. Rasa takut meski hanya sesaat, ketika berhasil menguasai dirinya, bisa membuat dirinya celaka.

Ketika saya baru bekerja sebagai Process Engineer di PT Badak NGL, saya sering harus naik bejana yang tinggi. Dulu saya takut pada ketinggian. Namun, karena tuntutan pekerjaan saya berhasil mengatasinya setelah berlatih bertahun-tahun.

Setiap kali saya harus menaiki bejana yang tinggi, saya menaiki tanpa melihat ke bawah.  Saya hanya melihat ke arah sejajar dengan mata saya atau memandang ke atas. Saya hanya pusatkan perhatian pada pekerjaan saya menaiki tangga satu demi satu atau lainnya.

Saya berhasil menguasai rasa takut terjatuh. Sekarang tanpa saya sadari mulai kapan terjadinya perubahan itu, ternyata saya sudah tidak lagi takut pada ketinggian.

Kekuatan pikiran bisa menjadi tindakan

Orang bijak mengatakan: “Hati-hati dengan pikiran karena pikiran dapat menjadi tindakan. Hati-hati dengan tindakan karena tindakan yang dilakukan berulangkali bisa menjadi kebiasaan. Hati-hati dengan kebiasaan karena kebiasaan yang dilakukan terus-menerus akan menjadi karakter anda. hati-hati dengan karakter anda karena ia menentukan nasib anda.”

Kalau begitu mengapa kita bukannya memelihara pikiran-pikiran yang optimis dan penuh harapan? Agar optimisme dan harapan itu kelak akan benar-benar terwujudkan. Sesungguhnya Allah Swt mengabulkan do’a hamba Nya sesuai pra-sangka sang hamba sendiri. Berprasangka baiklah, maka kebaikanlah yang akan anda peroleh.

About Editorial Staff

Check Also

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP. Memang hal yang menyebalkan ketika memori …