Mengenal Affiliate Marketing Dan Cara Kerjanya

Mengenal Affiliate Marketing Dan Cara Kerjanya

Topik kali ini mengenai apa itu Affiliate Marketing? Pada dasarnya Affiliate Marketing adalah salah satu model Bisnis Internet yang cukup populer belakangan ini. Banyak Internet Marketing Guru yang menyarankan pemula yang ingin menjalankan bisnis online, mengambil jalur ini. Hal ini dikarenakan lebih mudah dan lebih cepat menghasilkan dibanding model bisnis internet lainnya (kabar baiknya tidak perlu buat atau punya produk sendiri lho..).

Mengenal Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate Marketing?

Kalau melihat definisi dari Affiliate Marketing sendiri adalah sebuah proses pemasaran di Internet untuk menjual produk-produk miliki orang lain. Disaat terjadi penjualan, affiliate marketer akan mendapatkan komisi yang besarnya ditentukan oleh merchant atau pemilik produk. Sederhananya adalah makelar/perantara.

Hal yang menarik dari Affiliate Marketing adalah kalau di bisnis riil seorang makelar paling hanya mendapatkan 1-10% dari setiap penjualan produk bukan? Nah.. kalau Affiliate Marketer biasa mendapatkan komisi rata-rata 25-80% dari setiap produk yang berhasil dijual. Fantastik bukan?

Hal menarik lain dari Model bisnis Affiliate Marketing ini juga memiliki cakupan yang luas, di Indonesia sendiri ada beberapa marketplace atau tempat kita bisa mencari dan mempromosikan produk orang lain. Tidak hanya itu.. banyak juga orang Indonesia yang merupakan Affiliate Marketer Internasional loh… dan pangsa pasar serta potensi penghasilannya sangat fantastis.

Lantas, Bagaimana cara kerja affiliate marketing?

Dalam menjalankan bisnis affiliate marketing di Internet proses pemasaran yang dilakukan sebenarnya lebih mudah dibandingkan makelar di bisnis riil atau konvensional. Bisnis Affiliate Marketing di Internet, tugas kita adalah mendatangkan sebanyak-banyaknya pengunjung ke website merchant yang menjual produk tersebut, dengan tracking code atau kode penanda kita.

Ada berbagai macam hal yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan pengunjung kedalam website merchant, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Beberapa contoh yang berbayar seperti, penggunaan PPC, Google Adwords, Iklan Banner, dll. Kalau metode yang gratis, anda bisa menggunakan iklan gratis, teknik list building atau SEO.

Dari kesemua hal tersebut yang terpenting saat  menjadi seorang Affiliate Marketing adalah mengukur sumber mana yang menghasilkan bagi Anda sehingga bisa melakukan Scale Up atau meningkatkan cakupan kegiatan promosi tersebut.

Dalam dunia Affiliate Marketing, kita tentu akan mengenal yang namanya “Affiliate link” ini adalah sebuah link website merchant untuk kita promosikan, karena disanalah ada yang namanya tracking code bagi kita sebagai seorang affiliate marketer. Contoh affiliate link sendiri berbentuk seperti ini :

Contoh : www.ProdukAffiliate.com/?id=AffiliateID

Link affiliate inilah yang kemudian akan kita promosikan.

Menarik bukan? Walaupun nampak mudah, tetapi pada kenyataannya tidak semudah yang anda bayangkan. Banyak juga orang-orang yang gagal menjadi seorang affiliate marketer, hal ini dikarenakan kebanyakan orang ingin hasil yang instant. Padahal semua membutuhkan proses belajar, termasuk juga dengan menjadi seorang affiliate marketer.

Salah satu yang Affiliate Menarik yang saya kerjakan sekarang, sebagai tolak ukur Anda saja sih… saya mempromosikan Affiliate SB1M atau Sekolah Bisnis 1 Milyar, selain dari tempat saya belajar dan membangun bisnis online. Saya juga bisa mempromosikan keanggotaan komunitas ini. Kalau memang tertarik tentu anda bisa menghubungi saya lebih lanjut… dan saya akan ajarkan kepada Anda bagaimana menghasilkan 10-15juta setiap bulan dari bisnis online.