Mengintip Pesona Pantai Ngobaran yang Memukau Dan Menakjubkan

Mengintip Pesona Pantai Ngobaran yang Memukau Dan Menakjubkan

Yogyakarta merupakan kota dengan segudang wisata, baik wisata alam, wisata kuliner maupun wisata lainnya. Di wilayah selatan Yogyakarta, ada sebuah pantai bernama pantai Ngobaran yang nuansanya akan mengingatkan kamu dengan wisata di Kota Bali. Disebut mirip dengan wisata Bali karena corak, tebing, dan nuansanya kental dengan Pulau Dewata yang ada di Bali.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta dan selalu ramai dikunjungi wisatawan pada saat liburan atau akhir pekan. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis, pasir putihnya yang halus, dan air lautnya yang jernih. 

Saat kamu berkunjung ke pantai ini, kamu akan menemukan pemandangan tebing karst yang indah, dan di atas tebing terdapat sebuah pura tua yang bernama Pura Ngobaran. Untuk informasi lebih jelas mengenai keindahan pantai ini, simak penjelasan berikut.

Sejarah Pantai Ngobaran

Dulunya, pantai ini adalah wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram. Di wilayah ini ada sejumlah bangunan istana dan makam kerajaan, yang menunjukkan adanya pengaruh kerajaan di daerah ini. Salah satu bangunan bersejarah yang masih bisa kamu lihat dan temui di sini adalah Istana Pantai Ngobaran. 

Istana ini dibangun pada abad ke-18 oleh Sunan Prabu Suryokusumo, raja ke-13 dari kerajaan Mataram. Istana di pantai ini dulunya merupakan kediaman bagi keluarga kerajaan Jawa, dan digunakan untuk kegiatan pemerintahan dan upacara adat.

Selain Istana Pantai Ngobaran, di dekat pantai juga ada makam Pangeran Sambernyawa, salah satu putra raja Mataram yang pernah berkuasa di wilayah ini. Pangeran Sambernyawa meninggal pada tahun 1682 Masehi dan dimakamkan di daerah tersebut. Makam ini juga menjadi salah satu tempat ziarah yang populer di wilayah Gunungkidul.

Pada masa kolonial Belanda, pantai ini menjadi salah satu tempat yang dijadikan pangkalan kapal perang Belanda. Setelah Indonesia merdeka, kawasan pantai mulai dikenal sebagai salah satu objek wisata pantai yang menarik di Yogyakarta. Pemerintah setempat juga mulai memperbaiki fasilitas di pantai ini, seperti membuat dermaga dan jalan setapak di sekitar pantai.

Hingga sampai saat ini, pantai ini menjadi destinasi wisata yang populer di Yogyakarta. Selain karena keindahan alamnya, pantai ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Istana di Pantai ini dan makam Pangeran Sambernyawa menjadi bukti dari sejarah panjang dan menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Menikmati Panorama Indah di Pantai Ngobaran 

Pantai ini terletak di Desa Ngobaran, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang satu ini terkenal karena keindahan alamnya yang memukau, seperti air laut yang jernih dan berwarna biru, pasir putih yang lembut, serta formasi batu-batu karang yang indah di sepanjang pantai.

Selain keindahan alamnya, pantai yang memiliki panorama memukau ini juga memiliki makna sejarah dan budaya yang menarik. Ada sebuah Istana di sekitar pantai yang dulunya merupakan kediaman bagi keluarga kerajaan Jawa. Istana ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik untuk kamu jelajahi.

Di dekat istana, terdapat pula makam Pangeran Sambernyawa, salah satu putra raja yang pernah berkuasa di wilayah tersebut. Di sekitar pantai terdapat beberapa objek wisata yang juga menarik untuk dikunjungi. Di antaranya adalah Goa Cemara, sebuah gua yang memiliki formasi stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan.

5 Daya Tarik dan Pesona Pantai Ngobaran

Berikut adalah 5 daya tarik dan pesona yang membuat pantai ini menarik untuk kamu kunjungi saat liburan:

Pantai yang Cantik

Pantai yang satu ini memiliki pemandangan yang indah, dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat tebing karang yang menjulang tinggi, memberikan pemandangan yang menakjubkan.

Di sepanjang pantai Ngobaran kamu akan menemukan tebing karst yang menjulang tinggi. Tebing-tebing ini memberikan pemandangan yang indah dan menjadi latar belakang yang spektakuler untuk pantai yang indah. Tidak hanya itu, air lautnya juga sangat jernih dan biru. Pemandangan ini sangat memukau dan memungkinkan kamu untuk melihat keindahan bawah laut dengan jelas.

Pasir putih yang halus dan lembut terlihat sangat indah, sehingga semakin  menambah keindahan alam pantai. Di atas tebing karst di pantai terdapat sebuah pura tua yang bernama Pura Ngobaran. Pura ini memberikan pemandangan yang indah dan keunikan tersendiri dengan letaknya yang cukup tinggi di atas tebing karst.

Keindahan Alam Bawah Laut

Pantai di wilayah selatan Yogyakarta ini memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Wisatawan dapat melakukan snorkeling atau diving untuk melihat keindahan terumbu karang, ikan-ikan dan biota laut lainnya.

Di bawah laut pantai Ngobaran terdapat terumbu karang yang indah dan masih terjaga. Terumbu karang ini merupakan rumah bagi banyak spesies ikan dan biota laut lainnya seperti ikan warna-warni dan spesies laut lainnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai macam spesies ikan yang berwarna-warni dan menarik, seperti ikan badut, ikan pari, ikan kepe-kepe, dan banyak lagi.

Ada juga bintang laut yang bisa ditemukan di sekitar pantai. Bintang laut ini biasanya ditemukan di sekitar terumbu karang atau di pasir laut yang dangkal. Selain itu, kamu juga bisa melihat banyak jenis spons laut yang berbeda-beda di sekitar terumbu karang.

Semua keindahan alam bawah laut membuat pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk aktivitas snorkeling dan menyelam. Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling atau menyelam di sekitar pantai untuk menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan ini.

Spot Foto yang Instagramable

Keindahan pantai Ngobaran juga sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Wisatawan dapat mengambil foto dengan latar belakang tebing karst, pura tua, atau suasana pantai yang indah.

Tebing karst yang menjulang tinggi di sepanjang pantai memberikan latar belakang yang sangat indah untuk foto-foto. Wisatawan dapat berfoto di atas tebing karst atau di bawahnya dengan pemandangan laut yang memukau di belakangnya. Ada juga pura tua yang terletak di atas tebing karst juga memberikan spot foto yang indah.

Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang indah, terutama pada saat matahari terbit atau terbenam. Atau kamu juga bisa mengambil foto dengan latar belakang beberapa batu karang yang yang mempesona. Batu karang ini memberikan latar belakang yang indah dan menambah keindahan alam pantai.

Memiliki Nilai Budaya dan Sejarah

Pantai ini memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Wisatawan dapat mengunjungi Istana Pantai Ngobaran dan makam Pangeran Sambernyawa untuk mempelajari sejarah dan budaya Jawa.

Masyarakat yang tinggal dan hidup di sekitar pantai ini seringkali melakukan ritual keagamaan atau berdoa di sekitar pantai ini, terutama di Pura Ngobaran yang terletak di atas tebing karst.

Di sekitar pantai Ngobaran juga terdapat beberapa kesenian tradisional Jawa yang masih dilestarikan hingga saat ini, seperti wayang kulit dan tari-tarian. Kesenian ini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jawa dan memberikan nilai budaya yang penting bagi pantai tersebut.

Semua nilai budaya dan sejarah ini memberikan keunikan dan keindahan tersendiri bagi pantai di Gunung Kidul. Nilai sejarah dan budaya  menambahkan dimensi baru pada pengalaman wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sehingga membuatnya menjadi lebih berkesan dan berarti

Aktivitas yang Menyenangkan

Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain pasir, berenang, berjemur, atau mengambil foto di sekitar pantai. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner lokal yang khas di warung-warung makan di sekitar pantai.

Aktivitas yang paling umum yang bisa kamu lakukan di pantai adalah berenang dan berjemur. Pantai Ngobaran memiliki air laut yang jernih dan pasir pantai yang lembut, sehingga sangat cocok untuk berenang dan berjemur. Kamu juga bisa menyusuri pantai untuk menikmati pemandangan indah laut dan tebing karst yang menjulang tinggi.

Bagi kamu yang menyukai aktivitas menyelam, pantai ini menyediakan alat snorkeling agar kamu bisa menyaksikan keindahan bawah laut seperti karang, ikan dan biota laut lainnya. Aktivitas lain yang bisa lakukan yaitu menikmati berbagai kuliner lokal di sekitar pantai seperti ikan bakar, sate kelapa, dan minuman segar seperti kelapa muda dan es dawet.

Namun, jika kamu tidak ingin bermain air kamu bisa mencoba menjelajahi beberapa goa yang ada di sekitar pantai seperti Goa Petruk dan Goa Putri yang dapat dikunjungi oleh pengunjung. Goa ini menawarkan keindahan alam bawah tanah yang menarik untuk kamu jelajahi.

Kebersihan dan Keamanan Terjaga

Lingkungan pantai Ngobaran sangat bersih dan terjaga keamanannya. Pemerintah setempat telah membangun dermaga dan jalan setapak yang memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan pantai dengan lebih nyaman dan aman.

Pihak pengelola pantai menyediakan beberapa tempat sampah yang tersebar di sekitar pantai. Pengunjung diimbau untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan pantai selama berada di sana. Selain itu, ada petugas kebersihan yang siap membersihkan pantai setiap hari.

Selain itu ada juga beberapa pos jaga yang ditempatkan di sekitar pantai yang dijaga oleh petugas keamanan. Petugas keamanan ini bertugas untuk memastikan keamanan para pengunjung dan mencegah terjadinya tindak kejahatan.

Kombinasi dari keindahan alam, nilai sejarah dan budaya, serta fasilitas yang memadai menjadikan pantai yang mempesona ini sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Yogyakarta untuk kamu kunjungi saat liburan tiba. .

Macam-Macam Fasilitas di Pantai Ngobaran

Pantai di Gunung Kidul ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Berikut beberapa fasilitasny:

Lahan Parkir Luas

Adan area parkir kendaraan yang luas dan teratur. Parkir kendaraan diatur dengan baik agar memudahkan pengunjung saat memarkir kendaraan.

Kamar Mandi dan Toilet

Tersedia beberapa kamar mandi dan toilet yang terletak di sekitar pantai. Kamar mandi dan toilet ini bersih dan terawat sehingga para pengunjung bisa merasa nyaman saat menggunakannya.

Warung dan Tempat Makan

Di sekitar pantai Ngobaran terdapat beberapa warung makan dan tempat makan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Pengunjung dapat menikmati hidangan khas pantai seperti ikan bakar, cumi-cumi bakar, atau sate kelapa.

Area Istirahat

Pantai ini juga menyediakan beberapa area istirahat yang terletak di sekitar pantai. Area istirahat ini dilengkapi dengan tempat duduk dan payung sehingga para pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan pantai yang indah.

Pemandu Wisata

Di pantai ini menyediakan pemandu wisata yang siap membantu para pengunjung untuk menikmati keindahan pantai. Pemandu wisata ini biasanya menawarkan jasa tour pantai dan juga bisa memberikan informasi mengenai objek wisata lain yang terdapat di sekitar pantai.

Alat Sewa Wisata Air

Para pengunjung bisa melakukan berbagai jenis olahraga air seperti snorkeling, diving, atau surfing. Para pengunjung juga bisa menyewa peralatan olahraga air di tempat yang telah disediakan dengan harga yang terjangkau.

Penginapan

Di pantai ini terdapat beberapa penginapan yang terletak di sekitar pantai. Penginapan ini bisa dijadikan pilihan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai Ngobaran dalam waktu yang lebih lama. Beberapa jenis penginapan yang tersedia di pantai antara lain homestay, villa, atau hotel.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, tentunya diharapkan supaya para pengunjung dapat merasa nyaman dan menikmati keindahan kawasan pantai dengan lebih baik.

Harga Tiket dan Jam Operasional 

Harga tiket dan jam operasional pantai tentunya bisa saja berubah sewaktu-waktu. Berikut adalah informasi mengenai biaya tiket masuk dan jam buka pantai.

  • Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal adalah Rp10 ribu per orang, sedangkan untuk wisatawan asing adalah Rp25 ribu per orang. Namun, harga tiket tersebut bisa saja berbeda untuk hari libur nasional atau akhir pekan.
  • Jam operasional pantai ini adalah dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Namun, jam operasional dapat berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat atau kondisi cuaca.

Ada baiknya sebelum kamu memutuskan berwisata ke pantai ini, lebih baik pastikan dulu informasi terbaru sebelum mengunjungi wisata ini. Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut dengan menghubungi pihak pengelola langsung.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai

Pantai Ngobaran terletak di Dusun Jepitu, Desa Ngobaran, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berikut adalah beberapa rute menuju lokasi pantai yang bisa kamu lalui.

  • Rute pertama: Dari kota Yogyakarta, menuju arah Selatan melalui Jalan Imogiri Timur atau Jalan Wonosari. Setelah melewati Kota Wonosari, belok kanan ke Jalan Pantai Selatan. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Desa Ngobaran.
  • Rute kedua: Dari kota Yogyakarta, menuju arah Selatan melalui Jalan Solo, kemudian belok ke arah timur melalui Jalan Parangtritis. Setelah sampai di Pantai Parangtritis, ikuti Jalan Pantai Selatan hingga sampai di Desa Ngobaran.

Jika kamu datang dari luar kota, dari bandara internasional Yogyakarta kamu bisa melalui rute berikut untuk menuju pantai Ngobaran:

  • Rute pertama: Dari bandara, ikuti Jalan Solo hingga melewati Kota Yogyakarta. Kemudian belok ke arah Selatan melalui Jalan Imogiri Timur atau Jalan Wonosari. Setelah melewati Kota Wonosari, belok kanan ke Jalan Pantai Selatan. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Desa Ngobaran.
  • Rute kedua: Dari bandara, ikuti Jalan Solo hingga melewati Kota Yogyakarta. Kemudian belok ke arah Selatan melalui Jalan Parangtritis. Setelah sampai di Pantai Parangtritis, ikuti Jalan Pantai Selatan hingga sampai di Desa Ngobaran.

Itulah informasi seputar pantai Ngobaran yang perlu kamu ketahui sebelum berlibur ke sana. Pantai di wilayah selatan Yogyakarta ini tidak hanya terkenal dengan pemandangannya yang eksotis, namun juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kental.