Peluang usaha di bulan ramadhan 1443 H/2022

Simak, Syarat dan Ketentuan Jualan Takjil Selama Bulan Puasa di DKI -  Tribunjakarta.com

Di bulan Ramadhan, pola konsumsi masyarakat meningkat. Di bulan suci ini, khususnya di Indonesia, tidak hanya identik dengan puasa, tetapi juga banyak orang yang mulai membuka usaha improvisasi.

Bagi Anda yang juga ingin memanfaatkan Ramadhan untuk menghasilkan uang, simak inspirasi bisnis berikut ini!

Ide bisnis di bulan Ramadhan 2022

Jika Anda masih bingung ingin membuka bisnis apa di bulan Ramadhan, simak rekomendasi ide bisnis di bulan Ramadhan 2022 berikut ini:

1. Katering

Saat bulan puasa, ada sebagian orang yang tidak sempat menyiapkan menu untuk buka puasa atau sahur. Dengan memanfaatkan peluang ini, Anda bisa mencoba membuka usaha catering makanan di bulan Ramadhan 2022.

Anda bisa memberikannya kepada anak-anak atau ibu bekerja karena seringkali mereka tidak punya banyak waktu karena kesibukan mereka. Sebelumnya, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang tepat. Pilih paket katering, seperti layanan katering mingguan atau bulanan yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pelanggan.

2. Jual Tekjeel dan minuman segar

Waktu sarapan tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Setelah seharian lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa akan membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk dijadikan peluang bisnis. Takjil dan minuman segar biasanya menjadi makanan yang sering dibeli orang untuk sarapan.

Anda bisa mulai menjual takjil dan minuman segar di teras atau pinggir jalan, atau bisa juga Anda bawa ke tempat kerja untuk diberikan kepada rekan kerja Anda. Dengan berjualan takjeel, Anda tidak hanya akan menambah penghasilan tetapi juga membantu orang untuk sarapan di tengah kesibukannya.

Apalagi memulai bisnis pemurnian dan minuman segar tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa memulai bisnis menjanjikan ini dengan Rp 300.000 hingga Rp 1 juta.

3. Jual Buah buahan

Saat berpuasa, buah-buahan manis dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa. Selain itu, masyarakat yang membudidayakan kangkung biasanya juga membutuhkan buah-buahan, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es melon.

Bisnis ini pasti akan sangat menguntungkan bagi Anda. Padahal, modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini bervariasi tergantung seberapa banyak Anda ingin menjual.

Bagi yang ingin mengelola usaha ini lebih baik membelinya langsung dari orang yang memiliki ladang buah, harganya pasti akan lebih murah.

4. Perlengkapan Ibadah

Banyak orang berbondong-bondong untuk beribadah untuk meningkatkan pahala. Nah, untuk menjalankan ibadah tentunya membutuhkan perlengkapan ibadah.

Alat-alat sholat yang bisa anda jual, seperti tasbih, alquran, sajadah, mukhina, kerudung, dll. Anda bisa menggunakan peralatan ini sebagai peluang bisnis selama Ramadhan 2022.

5. Jual Baju Muslim

Tidak bisa dipungkiri salah satu bisnis menguntungkan di bulan Ramadhan yang bisa Anda coba adalah berjualan busana muslim. Hal ini karena pria dan wanita mengenakan pakaian Islami di bulan Ramadhan dan tertutup dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Sama seperti bisnis katering, jika bisnis busana muslim ini berkembang dengan baik, Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis tetap.

Untuk memulai bisnis, ada banyak cara yang bisa dilakukan hanya dengan modal kecil tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Anda bisa menjadi dropshipper atau distributor.

6. Jualan kue

Lalu ada manisan seperti nastar atau putri salju sebagai salah satu bisnis di bulan Ramadhan 2022. Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang memiliki passion di dunia baking. Jika belum terbiasa, Anda bisa mencoba berlatih terlebih dahulu sebelum Lebaran. Setelah itu, Anda bisa menawarkan kue buatan sendiri kepada rekan kerja, tetangga, dan keluarga.

Jika perlu, gunakan sistem penjualan distributor dengan mengajak kerabat atau teman Anda untuk ikut serta dalam penjualan produk Anda. Untuk menjadi pembuat kue kering, modal yang dikeluarkan juga tidak besar.

7. Paket kue lebaran

Selain membuat kue kering, Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan paket yang tentunya akan sangat bermanfaat ketika hari raya sudah dekat. Anda bisa menawarkan beberapa jenis paket dengan isian yang berbeda-beda, seperti home made cookies, aneka snack dan biskuit di pasar, hingga kebutuhan pokok (sembilan bahan pokok).

8. Ketupat

Ketupat sering dijadikan sebagai lambang Idul Fitri. Tidak ada ketupas, rasanya ada yang kurang. Namun sebelum hari raya, menu ketupat sering disajikan saat tradisi qunutan.

Di tengah bulan Ramadhan, ketupat biasanya disantap dengan ayam atau sayuran. Jadi biasanya banyak orang yang membutuhkan kulit ketupat.

 

9. Jual kurma

Makan kurma saat sarapan adalah Sunnah Rasulullah, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian. Kurma juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena dapat mengembalikan energi yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus saat berpuasa. Maka tidak heran jika semua jenis kurma yang ada di pasaran dijual ke supermarket.

Momen ini bisa Anda manfaatkan dengan berjualan kurma di depan rumah, jalan-jalan keliling kompleks, ikut bazar Ramadhan, atau lewat media sosial. Anda juga dapat membuka toko online di pasar.

Untuk produk kurma yang sudah habis terjual, ambil dari supplier atau distributor besar, dan jadilah penjual dengan memanfaatkan harga jual yang telah ditentukan oleh supplier.

10. Buah Beku

Setelah seharian berpuasa, banyak orang menyukai minuman yang menyegarkan, salah satunya es buah yang selalu laris manis di pasaran.

Ada banyak jenis minuman yang bisa Anda pilih dari menu sale Anda, seperti iced cantaloupe dan suriah mentimun hingga es teler. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi dimana pembeli yang membawa container sendiri akan mendapatkan potongan harga.

Selain untuk menarik konsumen, cara ini juga dapat membantu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan tentunya akan berdampak baik bagi lingkungan.

11. Produk kecantikan

Bukan hanya tentang terlihat bagus dalam pakaian, banyak orang juga ingin terlihat lebih baik di Hari Raya. Karena itu, produk kecantikan biasanya paling laris di bulan Ramadhan. Pertimbangkan untuk menjadi distributor produk makeup atau perawatan kulit umum seperti lipstik, eye shadow, atau masker lembar perawatan kulit.

Jangan lupa perhatikan juga deklarasi BPOM dan analisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

12. Sewa mobil

Saat Hari Lebaran tiba, banyak orang yang merayakannya dengan mudik atau pulang kampung. Namun, kenyataannya tidak semua orang memiliki mobil sendiri, tetapi mereka juga malas menggunakan transportasi umum.

Yah, mereka biasanya lebih suka menyewa mobil untuk pulang. Jika Anda ingin menjalankan bisnis rental mobil, pastikan untuk melakukan hal berikut:

Membuat surat perjanjian pra-sewa yang ditandatangani dengan biaya materai oleh kedua belah pihak

Reservasi paksa kartu ID selama masa sewa

Meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa

Memasang alat pelacak GPS di dalam mobil

13. Cuci mobil

Rental mobil tidak hanya berpotensi menjadi ide bisnis di bulan Ramadhan 2022, tetapi juga menyediakan jasa cuci mobil. Banyak orang mencari jasa cuci mobil sebelum pulang dan meninggalkan mobilnya di rumah. Jadi, saat ditinggal pergi, mobil sudah bersih.

Tahukah Anda, jika mobil yang kotor tidak hanya membuatnya terlihat jelek, tetapi juga dapat merusak mesin di dalamnya. Maka salah satu peluang kerja di bulan Ramadhan 2022 adalah cuci mobil.

14. Jasa titip kendaraan

Ide bisnis di bulan Ramadhan 2022 yang bisa Anda coba terkait dengan kendaraan yaitu jasa penitipan mobil. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki booth besar namun tidak terpakai.

Biasanya banyak orang yang khawatir meninggalkan mobil sendiri di rumah kosong saat pulang lebaran, sehingga bisnis ini tidak hanya memberikan keuntungan, tetapi juga membantu sesama.

Tidak hanya di bulan Ramadhan, di hari biasa juga dibutuhkan tempat penyimpanan mobil. Apalagi dengan minimnya tempat parkir umum yang ada saat ini. Jika Anda ingin serius menjalankan bisnis ini, pastikan terlebih dahulu meminta izin kepada Wali Amanat atau Wali Kota setempat dan ikuti ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2013.

15. Layanan pertukaran uang

Biasanya, menjelang hari raya, jasa tukar tambah banyak diminati oleh masyarakat. Banyak orang suka menukar uang dalam jumlah besar dengan jumlah kecil, seperti Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 untuk dibagikan kepada kerabat di desa.

16. Distribusi Pembantu Rumah Tangga (ART)

Banyak pembantu rumah tangga juga pulang saat Idul Fitri. Tentu mereka yang dibantu ART di rumah akan kesulitan karena harus mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri. Oleh karena itu, banyak dari mereka mencari pembantu rumah tangga atau pembantu sementara untuk membantu selama Ramadhan.

17. Pekerjaan binatu

Dengan banyaknya asisten rumah tangga yang hilir mudik, Anda yang mendapatkan bantuan pekerjaan rumah biasanya mengalami kesulitan, salah satunya adalah laundry. Oleh karena itu, tidak jarang masyarakat menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya. Menjalankan bisnis laundry adalah bisnis modal kecil dan siapa saja bisa melakukan bisnis ini

18. Layanan Amplop Kustom

Tunjangan Hari Raya (THR) terasa kurang lengkap jika tidak dimasukkan ke dalam amplop. Agar lebih berkesan, selain menjual amplop biasa, Anda juga bisa menawarkan custom amplop yang bisa dipersonalisasi dengan nama penerima THR.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat amplop yang memungkinkan pendonor THR untuk menuliskan pesan pribadinya pada amplop tersebut. Sehingga bisa lebih menarik dan mudah diingat.

19. Masker Edisi Liburan

Wabah yang belum berakhir membuat masker masih menjadi produk yang banyak dicari orang selama Ramadan. Anda bisa menjadikan produk masker sebagai peluang bisnis di bulan Ramadhan 2022. Agar unik dan berbeda, Anda juga bisa membuat masker mulut yang bisa dipadankan dengan baju lebaran.

20. Produk Kesehatan

Selain perabot rumah tangga, produk saniter juga mengalami peningkatan transaksi selama Ramadhan. Menjaga tubuh tetap fit tentunya sangat penting saat berpuasa, apalagi di situasi wabah seperti sekarang ini.

Anda bisa menawarkan berbagai produk kesehatan, seperti suplemen nutrisi, vitamin, dan minuman herbal seperti jamu. Pastikan juga semua barang yang Anda jual memiliki izin Halal BPOM dan MUI.

About Editorial Staff

Check Also

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

6 cara memesan tiket kereta api dengan aplikasi online untuk mudik lebaran 2022

kabarsoloraya.com.–Saat ini memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2022 dapat dilkerjakan dari rumah dengan …