Perbedaan Sistem Operasi GLI Dan CLI Pada Komputer

Kabarsoloraya.com. Perbedaan Sistem Operasi GLI Dan CLI Pada Komputer. GUI (Graphic User Interface) merupakan antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis guna mempermudah para penggunanya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.
atau GUI dapat disebut juga antarmuka pada sistem operasi kmputer yang menggunkan meni grafis.

Menu grafis singkatnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user friendly, agar para pengguna lebih nyaman menggunkkan komputer. Menu grafis dapat berupa grafis, gambar, tampilan yang tujuan untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.
Contoh sistem operasi GUI adalah pada windows 7 Ultimate yang menggunakan GUInya sendiri atau ada juga pada Linux dengan distro Mandriva.

CLI (Command Line Interface) adalah antarmuaka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi dengan sistem operasi atau komputer tersebut.

Jadi, GUI merupakkan antarmuka yang menggunakan input dari keyboard agar dapat berinteraksi dengan komputer tersebut. CLI lebih ditujukkan kepada sistem operasi yang digunakkan sebagai komputer server. Karena menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan cepat daripada menggunakan GUI. Untuk berinteraksi dengan komputer, harus dengan menggunakan baris perintah yang bisa dikenal oleh komputer. Untuk orang yang masih awam menggunkkan mode CLI, masih dirasa cukup repot untuk menggunakannya.
Contoh sistem operasi yang menggunkkan CLI adalah ubuntu server dan windows server 2008. Kesimpulannya bahwa GI dan CLI merupakkan tampilan antarmuka yang digunakkan sesuai kebutuhan para penggunannya. Pada GUI menggunakkan mode grafis, dan pada CLI menggunkkan mode baris perintah atau text.

A. Pengertian GUI dan CLI

1. GUI

GUI (Graphical User Interface) adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device). Contoh OS GUI adalah Microsoft Windows, Mac Os, Linux GUI, dll.                                             Tampilan CLI

2. CLI

CLI (Command Line Interface) adalah system operasi tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris atau perintah-perintah tertentu.Contoh OS CLI adalah LINUX CLI, Ms Dos, dll.

B. Perbedaan GUI dan CLI

1. GUI (Graphical User Interface) :

  1. Berbasis grafis, dengan memiliki tampilan yang lebih menarik dan friendly berupa menu dan icon-icon aplikasi yang bisa langsung di buka hanya dengan klik menggunakan mouse
  2. Adanya tampilan grafik pada layar .
  3. Interaksi antara pengguna dan sistem komputer lebih banyak meenggunakan mouse daripada keyboard.
  4. CLI (Command Line Interface) :
  5. Berbasis teks, yang jika ingin menjalankan system operasi ini harus mengetikkan perintah-perintah pada command prompt.
  6. Tidak ada tampilan gambar & grafik, hanya tampilan command line yang muncul.
  7. Input yang paling sering digunakan untuk interaksi antara pengguna dan sistem komputer adalah menggunakan keyboard.

About Editorial Staff

Check Also

Cara Berbagi Jaringan Wi-fi Lewat Bluetooth Ke Laptop

Cara Berbagi Jaringan Wi-fi Lewat Bluetooth Ke Laptop

Kabarsoloraya.com. Cara berbagi jaringan wi-fi lewat bluetooth ke laptop atau sering disebut tethering wifi diperlukan …