Terbaru Aplikasi Aikko Karya Anak Bangsa Untuk Deteksi Stunting

Kabarsoloraya.com. Terbaru Aplikasi Aikko Karya Anak Bangsa Untuk Deteksi Stunting. Saat ini angka stunting di Indonesia berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) mencapai angka 24,4 persen” kata salah seorang mahasiswa Damara Oky Jumat (24/6/2022).

Aplikasi Aikko Karya Anak Bangsa Untuk Deteksi Stunting

Siapa Penemu Aplikasi Aikko?

Adalah Damara Oky, Insira Yumna, Indah Kamula dan Faishal Fahmi, mahasiswa asal Surabaya Jawa Timur itu berhasil membuat aplikasi pencegah stunting atau kekerdilan bernama Aikko.

Mereka diketahui merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah

Damara Oky mengatakan bahwa latar belakang pembuatan aplikasi ini karena tingginya angka stunting di Indonesia.

Tujuan Pembuatan aplikasi Aikko

Menurutnya, aplikasi Aikko yang dibuat dengan timnya bisa mendeteksi kejadian stunting pada anak yang memliki risiko tinggi sehingga para petugas kesehatan seperti petugas posyandu, perawat, bidan bahkan dokter anak dapat memberikan edukasi dan terapi sehingga kejadian stunting tidak terjadi.

Bukan hanya itu, aplikasi Aikko ini bisa mendeteksi risiko kejadian stunting bahkan sebelum bayi lahir yaitu dengan cara melihat kesehatan ibu dengan cara melakukan anamnesa mengenai faktor risiko kehamilan seperti usia tua, multigravida dan mengukur lingkar lengan atas sehingga bisa mengetahui bahwa kehamilan tersebut memiliki risiko stunting atau tidak.

”Kemudahan dari aplikasi ini terdapat fitur-fitur seperti  mengetahui perkiraan waktu lahir bayi hanya dengan cara memasukkan HPHT dan bisa mendapatakan  edukasi mengenai pola dan menu makan yang cocok yang seharusnya diberikan pada anak sesuai usianya,” ujarnya.

Ia berharap Aikko dapat terus berkembang dan terus mengalami perubahan dan digunakan oleh semua petugas kesehatan dan masyarakat Indonesia sebagai salah satu jalan untuk menangani kejadian stunting yang tinggi.

Aplikasi Aikko yang dibuat Damara dengan timnya bisa mendeteksi kejadian stunting pada anak yang memiliki risiko tinggi. Sehingga para petugas kesehatan seperti petugas posyandu, perawat, bidan bahkan dokter anak dapat memberikan edukasi dan terapi supaya kejadian tersebut tidak terjadi.

Manfaat aplikasi Aikko sebelum kelahiran

Tak hanya itu, aplikasi Aikko ini bisa mendeteksi risiko kejadian stunting bahkan sebelum bayi lahir. Yaitu dengan cara melihat kesehatan ibu dengan cara melakukan anamnesa mengenai faktor risiko kehamilan seperti usia tua.

Selanjutnya, multigravida dan mengukur lingkar lengan atas sehingga bisa mengetahui bahwa kehamilan tersebut memiliki risiko stunting atau tidak.

“Kemudahan dari aplikasi ini terdapat fitur-fitur seperti mengetahui perkiraan waktu lahir bayi hanya dengan cara memasukkan hari pertama haid terakhir dan bisa mendapatkan edukasi mengenai pola dan menu makan yang cocok diberikan pada anak sesuai usianya,” ujarnya.

Langkah mengunduh aplikasi Aikko

Langkah untuk mendapatkan aplikasi ini cukup mudah:

  • Unduh aplikasi Aikko pada web.
  • Kedua login aikko dengan username dan password yang sudah dibuat,
  • lanjutkan dengan memasukkan data pada halaman web
  • Kemudian isi data lengkap.
  • Setelah mengisi data aplikasi ini akan dideteksi apakah ibu memiliki risiko tinggi kehamilan atau tidak.

”Jika bayi sudah lahir  akan muncul pengisian data anak mengenai usia anak, jenis kelamin anak, BB TB dan lingkar kepala lahir dan sekarang, kemudian user bisa klik opsi simpan pada web,” imbuhnya.

Selanjutnya akan muncul tiga grafik mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak jika tinggi usia mereka lebih dari dua standar deviasi di bawah standar pertumbuhan anak WHO.

Aikko juga memliki fitur lain seperti keluhan. Artinya pasien dapat langsung mengisi keluhan yang mereka rasakan baik dari kesehatan ibu atau anak. Setelah Ibu mengisi dan mengklik simpan, keluhan tersebut akan otomatis diteruskan pada petugas kesehatan terdekat sehingga mereka dapat memberikan edukasi dan terapi yang tepat pada pasien sesuai dengan keluhan yang dirasakan.

Semoga kedepannya akan banyak anak muda yang bisa mengembangkan kreatifitasnya sesuai kemampuan masing masing dan berguna bagi masyarakat luas terutama buat negara Indonesia.

About Editorial Staff

Check Also

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor

Kabarsoloraya.com. Cara Menolak Chat WhatsApp Tanpa Memblokir Nomor. WhatsApp memiliki fitur blokir kontak jika pengguna …