Tips membedakan oli asli atau palsu

kabarsoloraya.com – Salah satu komponen paling penting dalam kendaraan adalah oli atau pelumas, baik roda empat maupun roda dua. Berfungsi untuk melapisi atau melumasi dan melindungi komponen mesin agar terhindar dari gesekan yang berlebih dan membuat aus saat mesin bekerja. Pemilik wajib melakukan penggantian oli mobil secara berkala untuk menjaga performa mesinnya tetap terjaga.

Selain itu, oli juga berfungsi sebagai penstabil suhu mesin saat mesin aktif bekerja, yang sudah pasti menghasilkan panas. Dengan begitu, suhu panas tersebut akan cepat tersalurkan dan mesin pun dapat bekerja maksimal.

Oli pun memiliki kemampuan sebagai pembersih. Ketika oli melumasi dan bersirkulasi, maka kotoran yang timbul akibat sisa pembakaran dan partikel logam dari komponen mesin akibat gesekan dapat terbawa semua.

Ilustrasi ganti oli mesin mobil
image: gridoto.com

Namun, saat ini banyak beredarĀ oli mobil palsu, dan tentu saja dengan harga yang sangat miring. Lalu, bagaimana caranya mengetahui oli mobil asli atau palsu?

Ivan Sebastian, Pemilik Cakra Motor 11, bengkel yang menyediakan oli dan aki untuk mobil menjelaskan cara mengetahuiĀ oli mobil asliĀ atau palsu bisa cek pada bagian botolnya.

“Biasanya oli palsu menggunakanĀ packagingĀ atau botol yang sudah bekas. Cek sisi luar botol, jika bersih baik dari sisi luar, atas dan bawahnya maka dipastikan itu adalah asli dan ditambah stiker yang utuh atau tidak sobek,” ujar Ivan.

Ivan mengatakan, saat ini pabrikan berupaya membuat produknya sulit dipalsukan dengan cara membuat tutup botolnya unik dan bisa digunakan satu kali saja. Jika sudah terbuka, maka tidak bisa digunakan kembali.

“Cek seal bagian bawahnya, jika masih menyatu dengan baik, maka oli tersebut asli,” tegasnya lagi.

Langkah terakhir cek ID di botol oli. Jika melihat nomor botol oli tidak sama dengan tutupnya, pemelik mobil perlu curiga. Biasanya, botol diproduksi oleh pabrikan dengan sudah ada nomor identitas yang sama dengan tutup botolnya.

“Maintenance mobil tidak harus ribet, fokus pada mesin sebagai jantung pacu mobil agar tetap terawat dengan memberikan oli atau pelumas mobil yang asli,” jelas Ivan. Semoga dengan paparan yang disampaikan oleh ahlinya diatas bisa membuat kita waspada dalam memilih pelumas untuk kendaraan kita.

 

About Editorial Staff

Check Also

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Begini Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi di HP. Memang hal yang menyebalkan ketika memori …